Gubernur Jambi Al Haris mengatakan keterbatasan anggaran  jangan menjadi penghadang dalam membangun daerah karena selalu ada solusi untuk menjadi jalan keluar untuk mewujudkan kemajuan.

"Seperti ada solusi dengan bersinergi, efektivitas, efisiensi dan percepatan pembangunan akan bisa lebih meningkatkan proses pembangunan secara signifikan dari pada harus mengharapkan anggaran baik dari pusat maupun daerah sendiri," kata Al Haris  HUT ke-57 Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada 2022, di Kuala Tungkal, Rabu.

Ia mengajak pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, karena sesungguhnya keberadaan  pemerintah adalah untuk pelayanan publik dalam semua sektor. Ia  juga mengharapkan  pemerintah kabupaten dan kota bisa mengadakan atau menghadirkan berbagai inovasi untuk mendukung pembangunan dan kemajuan daerah.

Gubernur juga menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong peningkatan pembangunan dan kemajuan seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, baik pembangunan fisik, maupun pembangunan non fisik. Salah satu contohnya memperkuat sentra pertanian, pengembangan dan pemeliharaan jaringan irigasi.

Pembangunan irigasi ini merupakan upaya untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan, yang juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan daerah.

Al Haris menerangkan, untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Pemerintah Provinsi Jambi telah melakukan penanganan jalan ruas Sungai Saren – Teluk Nilau – Parit 10 (Senyerang), peningkatan kualitas lingkungan melalui pembangunan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) di beberapa lokasi pemukiman di kabupaten ini.

"Kita juga telah bekerja sama untuk melakukan restorasi dan penanaman mangrove sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan, yakni memperbaiki ekosistem perairan laut dan penanaman mangrove bermanfaat untuk menyerap gas karbon dioksida, penghasil oksigen, dan tempat hidup biota laut seperti ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan, dimana penanaman mangrove berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan," kata Al Haris.

Pemerintah Provinsi Jambi juga telah bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten termasuk pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat, TNI dan Polri, serta seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat berupaya keras untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hari ulang tahun daerah merupakan momentum untuk evaluasi dan introspeksi pembangunan yang telah dilaksanakan, sejauh mana realisasi program pembangunan itu bisa meningkatkan perekonomian, kemajuan, dan daya saing daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dari evaluasi dan introspeksi tersebut, kata gubernur hal-hal yang kurang harus diperbaiki, sedangkan yang baik harus terus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi. Sehingga capaian-capaian pembangunan ke depannya lebih meningkat dan untuk itu, pemerintah dan DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta semua pemangku kepentingan harus bisa bersinergi serta  memaksimalkan segala potensi yang dimiliki.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022