PT Sarwa Semdaya Karya Bumi (SSKB) sebuah perusahaan tambang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) secara resmi telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama penggunaan jalan angkutan batubara dengan PT Putra Bulian Properti (PBP) sebagai investor pembangunan jalan khusus angkutan batubara di Provinsi Jambi.

Kedua perusahaan telah melakukan perjanjian kontrak kerja selama 15 tahun dengan jumlah tonase 100 juta ton atau 6.660.000 ton per tahun dan untuk kontrak kerjasama antara PT Putra Bulian Properti (PBP) dan PT Sarwa Sembada Karya Bumi (SSKB) dengan telah ditanda tangani kedua pimpinan perusahaan, kata Direktur Utama PT Putra Bulian Properti Wilson Jacobes, di Jambi Selasa.

"Ini suatu langkah besar untuk mencapai target kuota kami dengan target 30.000.000 ton per tahun dan perusahaan sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh manajemen SSKB," katanya.

Direktur Utama PT Putra Bulian Properti Wilson Jacobes yang juga putra daerah Jambi itu mengatakan, surat perjanjian kerjasama itu ditanda tangani resmi oleh Direktur Utama PT Sarwa Semdaya Karya Bumi Wahyu Nugroho pada 19 September lalu.

Secara resmi pihak PBP sebagai pemilik dan penggelola jalan untuk angkutan batubara sepanjang 140 KM di Jambi telah menerima pengajuan perjanjian kerjasama penggunaan jalan angkutan batubara dari PT Sarwa Semdaya Karya Bumi untuk menggunakan jalan yang kita bangun dalam mengangkut hasil tambang batubara mereka dari Sarolangun dan Batang Hari.

Dalam surat kontrak perjanjian kerjasama itu menyebutkan bahwa PT PBP sebagai pengelola memberikan dan menyediakan kuota atas pemanfaatan fasilitas jalan angkutan batubara milik pengelola dengan kuota maksimal 555.000 metric ton per bulan atau setara dengan 6.666.000 metric ton per tahun.

PT SSKB mengangkut batubara nya yang berada di dua lokasi yakni Kabupaten Batang Hari dan Sarolangun menggunakan jalan khusus milik perusahaan swasta PT Putra Bulian Properti (PBP) yang sedang menindaklanjuti pembangunan jalan khusus angkutan batubara dan kendaraan berat lainnya dari Kabupaten Sarolangun - Batang Hari hingga Kabupaten Muaro Jambi sepanjang 140 KM.

"Dengan disampaikan progres yang sedang kami jalankan untuk pembangunan jalan dimulai dari Sarolangun menuju Batang Hari dan berakhir di Muaro Jambi yang lengkapi dengan fasilitas," kata Wilson Jacobes.

Untuk kegiatan pembangunan pelabuhan perusahaan juga telah menyediakan lahan untuk kegiatan pembangunan pelabuhan dengan menyediakan lahan seluas lebih kurang 200 hektar dan sudah dibebaskan dan perusahaan sebagai informasi lainnya saat ini sudah memiliki perizinan resmi di Kabupaten Muaro Jambi.

PT PBP juga menyiapkan pelabuhan seluas 200 hektare dan juga rest area seluas 200 he untuk ketersediaan parkir mobil truk sebanyak 12.000 unit mobil. Kemudian lagi agar mobil truk berjalan lancar dan tidak ada macet disediakan juga rest area yang lengkap dengan fasilitas tempat supir beristirahat, mandi, restoran dan SPBU dan tempat Mushola dan lainnya yang akan disiapkan agar semua biar jalan lancar tidak akan macet karena ada tempat tampung kendaraan.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022