Pemerintah Kabupaten Bungo, Jambi, meminta relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi sehingga terwujudnya smart society Bungo pada era Society 5.0.
 
Bupati Bungo Mashuri, di Bungo, Selasa, mengatakan, latar belakang dibentuknya relawan TIK di Kabupaten Bungo karena masih kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan informasi, terutama di daerah pelosok Kabupaten Bungo.
 
"Masyarakat di desa harus melek informasi, punya pengetahuan dan kesadaran penuh dalam memanfaatkan teknologi informasi itu jangan sekedar memakai saja harus tau manfaatnya," katanya.
 
Dia menjelaskan, relawan TIK adalah sebuah perkumpulan relawan dengan kesadaran pemberdayaan masyarakat di bidang teknologi informasi. Relawan TIK merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diinisiasi sejak tahun 2012 dan merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk dan didirikan untuk bersama-sama dengan pemerintah meningkatkan kemajuan TIK masyarakat.
 
Selain itu, juga tujuan dibentuknya relawan TIK adalah untuk menjembatani antara pemerintah setempat, Diskominfo dalam hal ini dengan masyarakat sebagai sumber yang mempunyai daya prestasi dalam segala pengelolaan informasi.
 
"Relawan TIK Kabupaten Bungo dirintis dan resmi dibentuk pada tahun 2022 ini dan telah bekerja sama, dalam hal ini dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bungo," katanya menjelaskan.

Kehadiran relawan TIK di Kabupaten Bungo ini, kata dia, harus memberikan pengembangan dan peningkatan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi pada masyarakat Kabupaten Bungo.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022