SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd bersama Pemkab Tanjung Jabung Barat menggelar pelatihan pewarnaan batik bertajuk  "Canting Emas"  atau "Cipta Batik Tingkatkan Ekonomi Masyarakat" yang digelar di Aula Kantor Bupati Tanjabbar di Kualatungkal, Rabu.

"Pelatihan ini merupakan bagian dari pengembangan kapasitas masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan kemampuan keterampilan masyarakat, dalam hal ini bagi mereka yang menekuni batik di Tanjabbar," kata Goverment & Relation Superintendent PetroChina International Jabung Ltd. Saipul.

Ia menyebutkan, kegiatan pelatihan itu merupakan program berkelanjutan dari kegiatan yang sama yang digelar tahun 2022 lalu. Kegiatan itu merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan bagi masyarakat di daerah operasi perusahaan.

"Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan tahun sebelumnya, dan kali ini fokus pada pelatihan pewarnaan batik," kata Saipul.

Melalui pelatihan yang diberikan oleh instruktur yang kompeten di bidang produksi batik, diharapkan bisa meningkatkan produktifitas dan kualitas batik yang dihasilkan oleh para pelaku usahanya.

Ia menyebutkan, PetroChina berkomitmen untuk terus memberikan nilai manfaat bagi masyarakat melalui program TJSL yang berkesinambungan berkelanjutan. Pada gilirannya bisa membantu para pelaku usaha batik di Tanjabbar untuk naik kelas dengan mutu yang lebih baik lagi.

Sementara itu Bupati Tanjung Jabung Barat H Anwar Sadat mengapresiasi SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. yang memberikan perhatian bagi pengembangan sektor UMKM dan pelaku usaha batik di daerah itu. Menurut bupati, pelatihan itu sangat membantu dan bermanfaat bagi para pelaku usaha batik yang dibinanya.

"Terima kasih, dan kami sangat mengapresiasi karena kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan para pembatik dan pada gilirannya meningkatkan kualitas batik yang dihasilkannya, sehingga batik dari Tanjabbar semakin baik dan diperhitungkan," kata Bupati Anwar Sadat yang pada kesempatan itu membuka kegiatan pelatihan yang diikuti 25 peserta dari sejumlah kecamatan di Tanjabbar itu.

Kegiatan pelatihan itu kolaborasi SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd dengan Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) dan Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kepala Diskoperindag Tanjabbar Safriwan menyebutkan, para peserta adalah anggota komunitas pembatik di Tanjabbar, dan merupakan bagian dari program pengembangan pengetahuan serta keterampilan di bidang teknik pewarnaan batik. Melalui pelatihan itu peserta mendapat pengalaman dan pengetahuan baru tentang teknik pewarnaan yang baik.

Pewarta: Meli Andani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022