Gubernur Jambi H Al Haris membuka Musabaqah  Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 tingkat Provinsi Jambi tahun 2022  di Kota Sungai Penuh , Senin (31/10) malam.

"MTQ ke-51 tingkat Provinsi Jambi tahun ini sangat strategis untuk meningkatkan prestasi di tingkat nasional nanti. Alhamdulillah pada MTQ tingkat nasional tahun 2022 lalu, Provinsi Jambi juga menempati peringkat ke-9, dan untuk pertama kali Jambi menembus 10 besar," kata Gubernur Haris.

Pembukaan MTQ ke-51 Jambi ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur Haris didampingi Wali Kota Sungai Penuh H Ahmadi Zubair sebagai tuan rumah serta Kepala Kanwil Kementeria Agama Provinsi Jambi H Zostavia.

Upacara pembukaan MTQ ke-51 yang akan berlangsung 1-7 November 2022 berlangsung cukup meriah dihadiri kafilah peserta dari 11 kabupaten dan kota di Provinsi Jambi. Berdasarkan data dari Panpel MTQ ke-51 Jambi, jumlah peserta sebanyak 1.214 orang yang terdiri peserta lomba, official serta pendamping.

Tari Persembahan dan Sekapur Sirih membuka rangkaian kegiatan pembukaan kegiatan MTQ ke-51 yang dilanjutkan aksi marching band dari SMPN I Sungai Penuh serta defile kafilah peserta MTQ.

Saat defile berlangsung, para kafilah disambut oleh lambaian tangan bupati dan wali kota  beserta para Ketua Tim Penggerak PKK daerah masing-masing dari tribun kehormatan.

Sesekali Gubernur Jambi H Al Haris dan Ny Hasnidar Haris juga melambaikan tangan menyapa kafilah yang melakukan defile di depan panggung kehormatan.

Defile diawali oleh kafilah dari Kabupaten Tanjabbar, disusul Tanjabtim, Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, Tebo, Sarolangun, Merangin, Bungo, Kerinci dan tuan rumah Sungai Penuh.

Warga Sungai Penuh cukup antusias mengikuti prosesi pembukaan kegiatan keagamaan yang rutin digelar setiap tahun itu. Warga menyemut memadati lapangan Eks Kantor Bupati Kerinci yang saat ini telah menjadi asset Pemkot Sungai Penuh.

Hadir pula pada Dewan Hakim MTQ ke-51 Provinsi Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi.

Bagi Kota Sungai Penuh, MTQ ke-51 itu merupakan sejarah tersendiri karena untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Jambi.

Wali Kota Sungai Penuh H Ahmadi Zubair menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Jambi yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Sungai Penuh menjadi tuan rumah MTQ.

"Ini suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Kota Sungai Penuh, kami berterima kasih kepada Pemprov Jambi yang telah memberikan kesempatan menjadi tuan rumah," kata Ahmadi Zubair.

Kegiatan ini tidak lepas dari misi pemerintah dalam peningkatan dan pembangunan kualitas generasi muda. Selain itu juga menjadi bagian dari program prioritas meningkatkan kualitas SDM daerah, khususnya generasi muda.

"Alhamdulillah, di usia Kota Jambi ke-14 tahun, Kota Sungai Penuh mendapat kesempatan menjadi tuan rumah MTQ. Ini bagian dari visi dan misi kami," kata wali kota.

Wali kota juga menyebutkan, MTQ juga menjadi spirit bagi daerah itu untuk terus merealisasikan lahirnya hafidz-hafidz di Kota Sungai Penuh.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi Zostavia menyebutkan MTQ ke-51 Jambi itu sangat strategis karena Provinsi Jambi akan menjadi tuan rumah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tahun 2023.

"MTQ ke-51 Jambi ini sangat strategis bagi Provinsi Jambi," kata Zostavia.

Sementara itu Gubernur Jambi H Al Haris menekankan bahwa prestasi kafilah di MTQ nasional dan STQ harus terus ditingkatkan. Bahkan Pemprov Jambi telah melakukan dukungan untuk para santri dan hafidz.

"Pemprov Jambi telah memberikan bea siswa bagi 1.365 santri dan penghafal Al Quran melalui program "1 Desa 1 Hafidz", dan pada 2022 ini diharapkan sebanyak 1.300 telah lulus dan hafal Al Quran," kata Gubernur Haris menambahkan.


 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022