Kota Jambi menjadi juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 tahun 2022 tingkat Provinsi Jambi yang diumumkan dewan hakim pada penutupan kegiatan itu di Kota Sungai Penuh, Minggu malam.

Berdasarkan pengumuman Dewan Hakim MTQ ke-51 Jambi yang diketuai oleh Prof Dr H Ahmad Syukri Saleh dan sekretaris Aries Sepda, Kota Jambi menjadi daerah terbaik I atau juara umum  dengan mengumpulkan nilai 101.

Sementara itu Kabupaten Tanjung Jabun Barat (Tanjabbar) berada di peringkat kedua dengan nilai 100, atau selisih satu angka dengan Kota Jambi. Tanjabbar pada perhelatan MTQ ke-51/2021 di Tanjabbar, merupakan juara umum.

Peringkat ketiga dan keempat ditempati Kabupaten Tanjung Jabung Timur (63) dan tuan rumah Kota Sungai Penuh (57). Kota Sungai Penuh yang pada MTQ ke-50/2021 berada di peringkat ke-11, melejit ke peringkat keempat.

Sementara itu peringkat kelima hingga sebelas ditempati Kabupaten Batanghari (43), Muaro Jambi (37), Sarolangun (32), Bungo (16), Tebo (11), Merangin (8) dan Kerinci (0).

Pelaksanaan MTQ  ke-51 tingkat Provinsi Jambi tahun 2022 itu berlangsung sejak 1 November 2022 di Kota Sungai Penuh.

Dewan Hakim menyebutkan, juara satu pada MTQ ke-51 itu tidak mutlak sebagai utusan Provinsi Jambi pada STQ Nasional 2023, kecuali setelah melalui seleksi oleh tim seleksi LPTQ Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi sendiri dijadwalkan menjadi tuan rumah STQ  Nasional tahun 2023 mendatang.

Sementara itu upacara penutupan MTQ ke-51 tahun 2022 tingkat Provinsi Jambi dilakukan oleh Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani yang dihadiri pimpinan daerah dari kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

Sementara itu Wali Kota Sungai Penuh yang juga Ketua Umum Panitia MTQ ke-51 Jambi H Ahmadi Zubair menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan kegiatan itu yakni, panitia, dewan hakim, pengawas dan pemerintah daerah. Ia juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada para kafilah yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya pada ajang MTQ ke-51 itu.

"Berkat dukungan semua pihak, dan doa masyarakat Jambi dan Kota Sungai Penuh, akhirnya MTQ ke-51 tingkat Provinsi Jambi ini bisa sukses digelar dengan lancar," kata wali kota.

Ia juga mengapresiasi kafilah Kota Sungai Penuh yang dipimpinnya yang mampu menembus peringkat empat besar.

"Para kafilah sudah tampil maksimal, dan kami juga bangga karena Sungai Penuh masuk empat besar di akhir kegiatan ini. Ini kado bagi Kota Sungai Penuh yang berulang tahun ke-14 tahun," kata Wali Kota Ahmadi Zubair.

 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022