Pemerintah Kabupaten Batanghari menggelar lomba lantunan syair Tuan Guru Syukur dalam rangka menyambut hari ulang tahun daerah itu yang dibuka  oleh Bupati Muhammad Fadhil Arief di Muarabulian, Selasa.

"Melantunkan syair Tuan Guru Syukur mempunyai daya pikat tersendiri dalam penyampaiannya,  menyajikan kata-kata yang indah serta irama yang mendayu - dayu, bahkan mengandung banyak petuah yang sarat akan makna jika dihayati," kata Bupati Fadhil Arief.

Kegiatan lomba syair tersebut juga sangat relevan dalam rangka mendukung salah satu Program Tangguh yang ada di Kabupaten Batanghari.

Untuk tetap melestarikan tradisi tersebut, menurut dia perlu sebuah solusi dan cara menyiarkan syair agar menarik bagi generasi masa kini.

"Saya minta  para guru di sekolah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, agar segera mengintegrasikan syair ini ke dalam metode pembelajaran yang kreatif," katanya.

Tak hanya itu, perlombaan seperti ini merupakan salah satu upaya melestarikan budaya syair yang merupakan ajaran kepada masyarakat.

"Pemkab Batanghari  mengapresiasi atas perlombaan yang telah dicetuskan oleh lembaga adat saat ini karena ini merupakan pembudayaan adat istiadat," katanya menambahkan. 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022