Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Jambi (Unja) menciptakan inovasi digital Cerita Rakyat Jambi yang dapat digunakan oleh pelajar sekolah dasar guna meningkatkan literasi membaca.

Dosen pembimbing program pengabdian mahasiswa ke masyarakat (P2M2) PBSI Unja Priyanto di Jambi, Rabu, mengatakan mahasiswa memperkenalkan digitalisasi Cerita Rakyat Jambi dari bantuan buku yang diberikan kepada pelajar.

Saat ini bantuan buku itu diberikan kepada salah satu sekolah dasar di Muaro Jambi, Provinsi Jambi.
 

"Di dalam buku terdapat barcode agar para guru dan siswa dapat mengakses perpustakaan cerita rakyat melalui web bindo.fkip.unja.ac.id," katanya.
 

Dia menjelaskan, pada prakteknya guru memfasilitasi para siswa dengan menampilkan cerita rakyat.
 

Selanjutnya, guru memindai barcode yang tersedia untuk ditampilkan di depan kelas melalui proyektor.
 

Mahasiswa PBSI Unja Wulan mengatakan metode ini menghasilkan pembelajaran yang jauh lebih menyenangkan bagi siswa. Siswa bisa menonton, membaca sekaligus bermain melalui pembelajaran cerita rakyat yang disajikan secara digital.
 

“ Mengingat sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD sehingga harus bisa membuat mereka merasa gembira agar apa yang kami sampaikan itu bisa diterima oleh mereka dengan baik," kata dia.

Ke depan pengenalan perpustakaan cerita rakyat Jambi digital ini juga dilakukan di sekolah lainnya.
 

Mahasiswa Unja berharap dengan tersedianya layanan digital cerita rakyat Jambi bisa membantu meningkatkan angka literasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.
 

Selain itu, Ia juga berharap agar cerita rakyat Jambi dapat terus eksis dan tidak hilang oleh kemajuan zaman.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023