Wakil Bupati Batanghari, Provinsi Jambi, Bakhtiar mengapresiasi Tanoto Foundation dalam berupaya memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Batanghari melalui Program Pintar.

"Dengan adanya ketersediaan Tanoto Foundation turut serta membantu penanganan stunting melalui Program SIGAP," kata Bakhtiar di Muara Bulian, pada Jumat (29/1).

Pemerintah Kabupaten Batanghari akan merancang kebijakan (Produk Hukum) berupa Peraturan Bupati yang disertai rencana aksi untuk meningkatkan kemampuan di daerah itu.

Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia menjadi prioritas utama pemerintah termasuk di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Kabupaten Batanghari menjadi salah satu daerah yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation yang fokus programnya adalah peningkatan kualitas pendidikan yang dikemas dalam Program Pintar.

Program Pintar berfokus pada pendidikan dasar agar mutu pendidikan di daerah itu menjadi lebih baik sesuai visi Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Distric Coordinator (DC) Tanoto Foundation Yudha Priana menyampaikan intervensi program Tanoto Foundation dilakukan di 24 sekolah di Kabupaten Batanghari.

"Sebanyak 254 kepala sekolah dan guru yang menjadi sasar, dan sebanyak 7128 siswa SD/SMP yang telah merasakan dampak dari program PINTAR tersebut," kata Yudha Priana.

Dalam implementasi program di Kabupaten Batanghari juga melibatkan Fasilitator Daerah (Fasda) yang dibagi dalam beberapa grade dan hasil dari tim monitoring evaluasi Tanoto Foundation 32 Fasda di Kabupaten Batanghari masuk 79 perseb Grade A dan 21 persen Grade B.

"Untuk keluaran program budaya baca, pengembangan karakter, dan media pembelajaran, masih membutuhkan perhatian bersama. Peningkatan mutu pendidikan sangat penting dilakukan, khususnya melalui pelayanan mutu yang lebih cepat dan lebih meningkat," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Zulpadli menambahkan pihaknya memiliki program kerja yang selaras dengan perencanaan berbasis data yang bekerja sama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP).

"Kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan dalam setiap kecamatan. Saya harapkan agar mutu pendidikan di Kabupaten Batanghari lebih dikedepankan, utamanya pelayanan mutu pendidikan yang lebih cepat dan lebih meningkat," tutupnya
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023