Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi meningkatkan partisipasi masyarakat terutama pemilih pemula pada Pemilu 2024 dengan mengoptimalkan sosialisasi melalui media sosial.

Kepala  Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu Partisipasi dan Humas KPU Provinsi Jambi Deddy Herawan di Jambi, Sabtu, mengatakan KPU berinovasi dengan memanfaatkan media sosial agar masyarakat  terutama remaja yang menjadi pemilih pemula mengerti penyelenggaraan Pemilu.

Ia mengingatkan kepada para pemilih pemula supaya menjadi pemilih cerdas dengan melihat rekam jejak  calon legislatif maupun kepala daerah, karena ini akan menentukan nasib bangsa pada  lima tahun ke depan.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Provinsi Jambi Ari Juniarman mengatakan pelaksanaan Pemilu 2024 harus melibatkan beragam elemen salah satunya remaja yang masuk dalam kategori pemilih pemula.

Terkait penyelenggaraan Pemilu, kata dia, selain sebagai pesta demokrasi juga menjadi jalan untuk menentukan kepentingan bangsa dan negara lima tahun ke depan.
 
Untuk itu, kata dia, pemilih pemula harus mengetahui dan mendapatkan informasi yang utuh terkait penyelenggaraan Pemilu.

Sementara itu anggota DPR RI Dapil Jambi Hasbi Ansori  berharap KPU berinovasi untuk mengaet anak-anak muda mau berpartisipasi dalam Pemilu karena berdasarkan data bahwa generasi muda ini 70 persen dari total pemilih.

Selanjutnya apabila sosialisasi yang dilakukan oleh KPU tidak dilakukan secara benar maka akan berpengaruh besar terhadap masa depan negara karena tidak mengetahui calon pemimpin yang dipilih.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023