Pemerintah Kabupaten Merangin melakukan pengecekan terhadap persediaan beras di Gudang Bulog Sarko, Bangko. Meskipun sejumlah daerah lumbung pangan mengalami gagal panen akibat kemarau namun stok beras untuk Merangin dalam kondisi cukup dan aman.

"Alhamdulillah menghadapi musim kemarau ini stok beras untuk Kabupaten Merangin masih ada sekitar 1.200 ton baik itu beras medium maupun beras premium dan artinya stok tersebut masih aman tiga sampai empat bulan ke depan,’’kata Bupati Merangin Mashuri, Rabu.

Selain stok dalam gudang Bulog Sarko masih ada stok beras yang dalam perjalanan menuju gudang tersebut sehingga memasuki musim kemarau ini persediaan beras tidak perlu diragukan.

"Jika nanti terjadi lonjakan harga beras karena memasuki musim kemarau, kita sudah siap langsung menggelar operasi pasar, guna menekan harga beras tersebut," kata Bupati.

Sementara itu Kepala Bulog Sarko Darul menegaskan untuk saat ini sesuai program stabilisasi harga pangan untuk tebus harga di Bulog perkilogramnya Rp8.600 sedangkan harga eceran tertinggi di pasaran Rp9.950 per kilogram nya dan stok beras itu merupakan beras impor yang dibeli dari Vietnam dan Thailand. Sedangkan yang beras lokal dari Lampung dan Jawa.

"Untuk beras premium masih kita jual per kilogram Rp23 ribu, sedangkan beras premium ini kita ada kemasan lima kilo dan jadi masyarakat jangan khawatir akan terjadi kelangkaan beras,’’ ujarnya.


 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023