Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memberikan bantuan untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) secara berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi muda.
 
Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kota Jambi Husna Marlina di Jambi, Minggu, mengatakan sekitar 300 satuan pendidikan di Kota Jambi mendapatkan bantuan ini pada 2023, dengan setiap anak menerima Rp600 ribu setiap tahunnya.
 
"Bantuan yang diberikan sebesar Rp600 ribu per anak yang diberikan ke pihak sekolah untuk biaya operasional pendidikan selama anak usia PAUD menempuh pendidikan PAUD," katanya.
 
Husna menjelaskan bantuan ini mencakup berbagai aspek, termasuk pembelian buku cerita, dukungan gizi melalui Program Makan Tambahan (PMT), dan bantuan operasional sekolah. 
 
Ia mengatakan meskipun bantuan ini penting untuk meringankan beban biaya, tapi ada hal yang perlu diingat bahwa kualitas pendidikan juga memerlukan upaya lebih dari sekadar bantuan.
 
Menurut dia, pendidikan berkualitas adalah hasil dari kerja sama antara pemerintah dan yayasan serta upaya bersama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak.
 
Bantuan ini disalurkan dalam dua tahap, dari Januari hingga Juni dan dari Juli hingga Desember, untuk mendukung operasional sekolah dan pembelajaran di satuan pendidikan.
 
Selain itu, bantuan pendidikan ini juga mempertimbangkan jumlah anak di setiap sekolah, sehingga jumlah bantuan dapat bervariasi sesuai dengan jumlah siswa di masing-masing sekolah.
 
Ia menjelaskan bantuan ini merupakan langkah positif untuk memastikan bahwa pendidikan tetap menjadi prioritas bagi generasi muda Jambi.
 
Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi Maulana pada saat pengukuhan Bunda PAUD mengatakan pendidikan di usia PAUD sangat penting karena pendidikan di usia dini mampu membentuk karakter baik pada anak hingga melihat minat dan bakat anak.
 
Untuk itu, Pemkot Jambi telah mencanangkan program wajib PAUD sejak tahun 2020.
 
"Program ini kita tuangkan dalam peraturan Wali Kota No 72 tahun 2020," katanya.

Baca juga: Pemkot Jambi sediakan formasi PPPK bagi disabilitas

Baca juga: Pemkot Jambi dan UIN percepat sertifikasi halal produk UMKM

Baca juga: Pemkot Jambi terima tambahan pasokan 30 ribu blangko e-KTP

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023