Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih pimpin apel peningkatan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, Senin.

Apel yang berlangsung di lapangan utama Balaikota Jambi itu diikuti jajaran pejabat eselon dan staf ASN di lingkup Pemerintah Kota Jambi. Tampak hadir Sekda A Ridwan, Staf Ahli Wali Kota, Asisten Sekda, Kepala OPD, Camat hingga Lurah se-Kota Jambi.

Mengawali amanatnya, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih memberikan apresiasinya atas kedisiplinan ASN Pemerintah Kota Jambi. Ia juga mengapresiasi berbagai penghargaan yang telah diraih jajaran Pemkot Jambi, pasalnya belum genap 2 bulan menjabat telah banyak prestasi yang diraih jajaran Pemerintah Kota Jambi.

"Terima kasih, kita patut berbangga, atas prestasi-prestasi Kota Jambi yang saya rasakan, saya dengar, saya baca laporan-laporannya selama 1 bulan 4 hari di Kota Jambi, ini sungguh luar biasa, dan hari ini masih ada 2 undangan lagi, Kota Jambi meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri," katanya.

Pj Wali Kota Jambi itu juga mengapresiasi data BPS yang merilis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Jambi tahun 2023. "Alhamdulillah, berdasarkan data BPS, IPM Kota Jambi pada angka 80,98, naik dari sebelumnya, ini kesuksesan kita semua dalam membangun masyarakat, membangun manusia ya ini ukurannya IPM ini, terima kasih semuanya," lanjut Sri.

Sri juga mengingatkan penghargaan tersebut sejatinya bukanlah tujuan, namun harus menjadi motivasi untuk semakin meningkatkan kinerja aparatur khususnya memberikan pelayanan publik. "Telah banyak prestasi yang dilahirkan oleh Bapak Ibu, namun Saya mengingatkan, penghargaan itu adalah bonus, yang lebih penting bagi kita itu adalah memastikan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan khususnya pelayanan yang maksimal kepada masyarakat berjalan dengan baik," tambah Sri.

Dalam amanahnya Sri juga menyoroti kinerja Pemkot Jambi, terkait dengan isu-isu aktual sesuai degan tugas pokok dan fugsi perangkat daerah, khususnya Tim Pengendalian Inflasi Darah (TPID), kenaikan harga jelang natal dan tahun baru, Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), kenaikan  kemiskinan ekstrim serta penanganan stunting dan banjir.

Sri meminta jajarannya untuk menerapkan rencana aksi yang telah dirancang untuk mengendalikan inflasi khususnya jelang natal dan tahun baru. "TPID kita harus memantau bagaimana kita mengendalikan inflasi di Kota Jambi, segera kita lakukan langkah-langkah riil di lapangan sebagaimana renaksi yang telah dirancang agar inflasi di Kota Jambi ini bisa kita kendalikan khususnya jelang Nataru ini," tegas Sri.

Sementara terkait dengan penanganan stunting, Sri mengingatkan agar jajarannya memantau pergerakan dengan menggunakan data yang akurat. "Ujung tombak terdepan adalah para Lurah pastikan dilingkungan masing-masing data warga yang masuk kelompok miskin ekstrim dan stunting, perhatikan pergerakannya harus satu data, progres naik dan turunnya penting diketahui, untuk menetapkan langkah-langkah yang harus kita lakukan dengan segera," kata Sri.

Sementara terkait dengan belanja barang daerah, Pj Wali Kota Jambi itu meminta jajarannya melaksanakan program nasional P3DN. "Ini adalah tuntutan negara, siapa lagi yang peduli pada pergerakan ekonomi nasional kecuali dimulai dari sekarang, melalui program P3DN ini aparat pemerintah untuk membatasi belanja barang-barang yang berasal dari luar negeri, cermati, pastikan harus belanja produk dalam negeri, kecuali bila barangnya tidak tersedia," sebut Sri.

Sri juga meminta tahun 2024 Pemkot Jambi telah melaksanakan pemanfaatan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) secara paripurna. "Segera bikin yang user friendly agar dapat digunakan dengan mudah," pinta Sri.

Pj Wali Kota Sri juga meminta jajarannya untuk mempercepat realisasi APBD tahun 2023. Ia mengingatkan perangkat daerah yang capaian realisasi fisik dan keuangannya belum masksimal. "Ini realisasi fisik dan keuangannya selalu kita evaluasi, agar proses penggunaan anggaran berjalan sebagaimana target dalam RKPD," ungkap Sri.

Menutup amanatnya, Sri mengingatkan agar jajarannya turut mensukseskan Pemilu serentak 2024, dengan memperhatikan aturan yang melekat pada aparatur. "Mari kita sukseskan Pemilu serentak. Segala sumberdaya yang ada pada instansi pemerintah terkait dengan Pemilu agar dimaksimalkan untuk menyukseskannya, dan yang lebih penting, Saya ingatkan lagi agar semua ASN Pemkot Jambi harus patuh pada aturan yang mengatur tentang netralitas ASN dalam Pemilu serentak yang akan datang," pungkas Sri.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023