Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menggandeng kelompok tani swadaya memanfaatkan lahan produktif untuk penanaman cabai sebagai langkah kongkrit pengendalian inflasi daerah.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Jumat, mengatakan Pemerintah Kota Jambi melaksanakan aksi nyata upaya pengendalian inflasi berkaitan dengan meningkatnya permintaan terhadap komoditas cabai, melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jambi telah melaksanakan panen perdana tanaman cabai di Kota Jambi.

"Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi selama ini telah membangun kolaborasi bersama Kelompok Tani Swadaya Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, untuk menggarap lahan produktif milik Pemkot Jambi itu," kata dia.

Sri menyampaikan bahwa peningkatan permintaan komoditas cabai kerap terjadi menjelang perayaan hari besar keagamaan.

Pemkot Jambi, kata dia, juga menyiapkan langkah-langkah untuk menghadapi Ramadan dan Lebaram  tahun depan. Hal itu dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat serta memastikan keterjangkauan harga.

Sri juga meminta agar program "Gerakan Payo Menanam" terus diperluas cakupannya mengingat Kota Jambi memiliki keterbatasan lahan. Gerakan Payo Menanam ini menjadi salah satu alternatif solusi dalam meningkatkan produksi komoditas penyumbang inflasi, seperti cabai merah, bawang merah dan cabai rawit.

"Dengan memanfaatkan setiap jengkal lahan yang dimiliki, memanfaatkan polybag di depan rumah masing-masing sehingga hasilnya sedikit akan mengurangi beban petani di Kota Jambi, serta menekan pengeluaran rumah tangga," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023