Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi siap memfasilitasi agenda pawai takbir keliling mobil hias bagi masyarakat pada malam perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Senin, mengatakan pawai takbir keliling mobil hias Kota Jambi itu digelar sebagai tanda masuknya bulan Syawal 1445 Hijriah dan bentuk rasa syukur pada hari kemenangan.

Pawai takbir keliling kendaraan hias itu akan dipusatkan di landmark Kota Jambi yaitu Tugu Keris Siginjai, Kota Baru.

"Pawai takbir keliling kendaraan hias ini akan mengambil start dan finish di kawasan Tugu Keris Siginjai Kota Baru dan akan dilepas secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Jambi bersama Forkompimda," kata Abu.

Dia menambahkan peserta pawai takbir keliling Kota Jambi akan diikuti puluhan kendaraan hias yang berasal dari perwakilan kecamatan dan kelurahan dalam Kota Jambi, serta berbagai komunitas masyarakat dan diyakini akan menambah semarak malam takbiran di Kota Jambi.

Abu menyebutkan lantunan gema takbir yang bersahutan dari berbagai kendaraan hias dengan lampu kerlap-kerlip ditambah dengan keunikan berbagai dekorasi yang apik diyakini akan memukau masyarakat dan menambah syiar malam takbiran di Kota Jambi.

Dia juga menyebut pawai takbir keliling kendaraan hias itu, selain sebagai wisata religi dan syiar menyemarakkan malam takbiran Idul Fitri, juga bertujuan untuk memusatkan arus mobilisasi masyarakat pada satu titik dan mengurai kemacetan pada malam takbiran.

"Kami berharap dengan dikoordinir, pawai takbiran akan menjadi lebih tertib, dapat disaksikan masyarakat, serta mempermudah petugas mengatur rekayasa lalu lintas," katanya.

Sebagai informasi, setiap tahunnya Pemkot Jambi memfasilitasi masyarakat untuk mengikuti pawai kendaraan hias. Agenda ini juga bertujuan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menghasilkan kendaraan.

Selain itu pawai takbir meningkatkan kekeluargaan antar-masyarakat di Kota Jambi. Pemkot Jambi berharap masyarakat dapat menjaga situasi kamtibmas yang kondusif saat Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024