Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi, menggelar lomba pacu perahu tradisional di Sungai Batang Merangin, Desa Muaro Belengo untuk memeriahkan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Penjabat Bupati Merangin Mukti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Jumat, mengatakan pacu perahu tradisional Sarko Open ini selenggarakan dalam rangka memeriahkan Idul Fitri.



Pacu perahu tradisional Sarko Open ke-1 itu diikuti sebanyak 30 klub pacu perahu dari Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun.

‘’Lomba pacu perahu ini terlaksana dengan baik, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini," kata Mukti.

Ke depan, kata Mukti, pacu perahu tradisional Sarko Open tersebut dapat terlaksana lebih meriah dan peserta yang mengikutinya lebih banyak lagi.

Pelaksanaan pacu perahu ini, kata dia, harus menjadi agenda tahunan. ‘’Saya berterima kasih kepada para pemuda Desa Belengo yang tergabung dalam Karang Taruna, mereka telah bekerja keras, sehingga pacu perahu tradisional Sarko Open ini dapat terlaksana dengan sempurna,’’ kata dia.

Ketua TP PKK Indria Mayesti Mukti meminta kepada para peserta pacu perahu tersebut untuk selalu menjaga kesehatan, mengingat olahraga di air membutuhkan tenaga yang ekstra, sehingga diperlukan stamina yang andal.



Indria mengatakan performa atlet pacu perahu harus selalu optimal, karena stamina sangat diperlukan oleh setiap atlet untuk mendukung timnya bisa mendapatkan kemenangan.

Agenda pacu perahu ini, kata dia, juga menjadi ajang mencari bibit-bibit atlet dayung masa depan. Selain itu, juga meningkatkan silaturahim dan kekompakan masyarakat, sehingga menciptakan kerukunan di tengah bermasyarakat.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024