Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi menggelar kegiatan tahunan ‘INCOME (Islamic Economic Competition) Fair dan Seminar Nasional 2024’ dengan tema ‘Optimalisasi Smart Digital dan Halal Value Chain untuk Indonesia sebagai Pusat Kajian Halal Dunia’, Rabu (22/5).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB,  Sigit Indrawijaya yang juga membuka acara secara resmi; selain itu turut hadir pula Kaprodi Ekonomi Islam Rafiqi puluhan mahasiswa Unja serta ratusan peserta lomba dari berbagai institusi di seluruh Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Sigit Indrawijaya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk mengembangkan dan mempromosikan pemahaman tentang ekonomi islam di perguruan tinggi serta mendorong inovasi dan kolaborasi entrepreneurship islam.

“Acara ini merupakan wadah untuk mengembangkan dan mempromosikan pemahaman tentang ekonomi islam di perguruan tinggi serta mendorong inovasi dan kolaborasi entrepreneurship islam, melalui kompetisi yang ketat dan beragam, kegiatan ini dapat menggali dan mengasah kemampuan analitis dan kritis mahasiswa dalam menghadapi tantangan ekonomi global dari perspektif islam,” kata Sigit.

INCOME Fair & Seminar Nasional 2024 bertujuan untuk menumbuhkan sikap dan pola pikir kreatif serta inovatif di kalangan mahasiswa. Kegiatan ini juga memberikan wawasan pengetahuan mengenai peran ekonomi syariah dalam mewujudkan sustainable finance.

Kegiatan ini menjadi wadah kompetisi bagi mahasiswa, khususnya yang berasal dari prodi ekonomi islam untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakatnya baik dalam bidang akademis maupun non-akademis.

Ketua Pelaksana INCOME Fair & Seminar Nasional 2024 Abdul Rohman Siddiq
berharap dengan adanya kegiatan ini dapat terus menyebarkan syiar ekonomi syariah.

“Islamic Economic Competition Fair merupakan agenda nasional yang dilaksanakan oleh Himpunan Ekonomi Islam, agenda yang dilakukan sebagai bentuk syiar ekonomi syariah kepada khalayak ramai. Semoga dengan event ini kita dapat terus menyebarkan syiar ekonomi syariah,” kata dia.

Berbagai rangkaian acara seperti seminar nasional dan rangkaian lomba memperkaya kegiatan. Para peserta antusias dalam mengikuti setiap sesi yang memberikan inspirasi di bidang ekonomi syariah dan halal value chain.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat semakin mengukuhan posisi Indonesia sebagai pusat kajian halal dunia, serta mendorong implementasi teknologi digital yang Smart dalam pengembangan ekonomi halal di tanah air.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024