Palembang (ANTARA Jambi) - Sumatera Selatan menargetkan 150 juta pohon dalam "Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon 2012", kata Kepala Balai Perbenihan Tanaman Hutan di Sumatera Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kehutanan Toni Kartiman.

"Hingga kini target 150 juta pohon masih dikejar bekerja sama dengan para pemangku kepentingan seperti perusahaan swasta, Lembaga Sosial Masyarakat, hingga para pelajar dan mahasiswa," kata Toni di Palembang, Rabu.

Jika hanya mengandalkan usaha pemerintah provinsi maka target itu tidak akan tercapai, karena dana yang dimiliki sangat terbatas," katanya usai diskusi terbuka dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang itu.

Ia menerangkan, seusai amanat Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan HMPI tahun 2010, maka setiap provinsi di Indonesia diharuskan menjalankan "Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon" sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Indonesia sendiri menjadi suatu negara yang diharapkan mampu menurunkan emisi gas karbon, karena memiliki keunggulan berupa luas lahan hutan.

Data terakhir Kementerian Kehutanan mencatat kawasan hutan yang tersedia mencapai 137 juta hektare meliputi hutan lindung, hutan konservasi, hutan produksi, dan termasuk lahan kritis sekitar 50 hektare.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012