Jambi (ANTARA Jambi) - "Cable stayed" yang akan dipasang untuk jembatan penyebrangan pejalan kaki (pedestrian) yang memotong Sungai Batanghari di Kota Jambi, didatangkan dari Italia.

"Kabel yang dipesan dari Italia dan ditunggu-tunggu karena akan segera dipasang itu sudah datang sejak Senin (22/9). Saat ini masih berada di Pelabuhan Talang Duku," kata Kepala dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi Fauzi Ansori, Rabu.

Ia mengatakan, seharusnya cable stayed itu sudah bisa keluar pabean atau kawasan pelabuhan, namun dia belum bisa memantau karena sedang berada di Jakarta.

Fauzi menjelaskan, pengerjaan jembatan pedestarian itu hanya menunggu cable stayed, karena pekerjaan yang lainnya sudah selesai semua. "Untuk bagian bawah lagur jembatan sudah semua, tinggal menunggu kabel saja," jelasnya.

Sedangkan segmen yang lain juga sudah dipagar, karena tidak dikaitkan dengan cable stayed itu. 

Pemprov Jambi saat ini sedang membangun jembatan pedestrian berbentuk "S" yang memotong Sungai Batanghari berada persis di depan rumah dinas gubernur Jambi atau tidak jauh dari pusat perbelanjaan.

Jembatan untuk pejalan kaki ini nantinya akan menghubungkan Kota Jambi dengan Seberang Kota Jambi yang merupakan pusat agama Islam di Kota Jambi.

Untuk memperindah kawasan ini, setelah menyeberangi jembatan pedestrian, di Seberang Kota Jambi dibangun sebuah menara yang diberi nama Menara Gentala Arasy yang di atasnya terdapat jam ukuran besar yang bisa dilihat dari empat penjuru.

Kontrak pembangunan jembatan pedestarian ini akan berakhir 2 Oktober 2014. Jika ada keterlambatan maka rekanan akan didenda.

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, jembatan pedestrian yang nantinya akan dilengkapi dengan pusat-pusat kuliner khas Jambi dan sarana wisata ini akan menjadi "ikon" pariwisata Jambi.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014