Jambi (ANTARA Jambi) - Harga ayam potong di Jambi mengalami penurunan dari Rp27 ribu/kilogram menjadi Rp25 ribu/kilogram. Penurunan harga disebabkan banyaknya persediaan di pedagang.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Disperindag Provinsi Jambi Filda Deviarni, ketika dikonfirmasi Sabtu, membenarkan hal tersebut.

Ia mengatakan, para pedagang di pasar-pasar tradisional mempunyai banyak stok ayam potong, sehingga harga sedikit diturunkan pedagang agar stok mereka cepat habis.

Penurunan harga ayam potong menjadi Rp25 ribu/kilogram, kata Filda, terjadi mulai hari ini. Sebelumnya, harga ayam potong berkisar Rp27 ribu hingga Rp28 ribu/kilogram.

"Turunnya harga ayam potong mulai tadi pagi, pedagang ayam pun membludak. Meski permintaan meningkat persediaan ayam potong sepertinya tidak akan kurang," kata Filda.

Namun, harga daging malah mengalami kenaikan. Pada H-3 dan H-2 Idul Adha harga daging bertahan di harga Rp110 ribu/kilogram, tapi mulai Sabtu pagi pedagang di pasar tradisonal di Jambi menjual dengan harga Rp120 ribu/kilogram.

"Karena meningkatnya permintaan, harga daging naik. Itu berdasarkan pantauan kita di pasar-pasar di Jambi pada Sabtu pagi," jelasnya.

Selain harga daging, harga cabai merah juga mengalami kenaikan dari Rp24 ribu/kilogram menjadi Rp30 ribu/kilogram akibat meningkatnya permintaan.

Sementara untuk harga komoditi tidak mengalami kenaikan. Bahan-bahan sembako yang diperlukan untuk menghadapi hari raya Idul Adha pun tetap tersedia.

"Selain cabai, harga sembako lain tetap stabil dan stok sembako aman. Permintaan sembako memang tidak terlalu membludak seperti hari raya Idul Fitri," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014