Jambi, Antarajambi.com - Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi yang terdiri dari Subdit I Indag Ditreskrimsus Polda Jambi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi serta Bulog melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar tradisional di Kota Jambi dan sejumlah swalayan untuk memantau harga-harga sembako menjelang Ramadhan.

Petugas langsung menuju kios-kios pedagang cabai, daging ayam, daging sapi dan lainnya serta disana petugas bertanya harga-harga bahan pokok yang dijual para pedagang dari beberapa pedagang yang disambangi menyebutkan kalau harga jual saat ini masih stabil, kata Kasubdit I Indag Ditreskrimsus Polda Jambi AKBP Guntur Saputro, di Jambi Selasa.

Tim turun ke pasar karena biasanya jelang puasa atau Ramadhan banyak orang yang berbelanja kebutuhan pokok dan dikhawatirkan ada terjadi kenaikkan harga namun sampai saat ini harganya masih stabil di pasaran.

Seperti pengakuan dari seorang pedagang daging ayam, Iwan mengatakan biasanya per hari dia mampu menjual 70-80 kilogram daging ayam dan berbeda dengan jelang Ramadan bisa menjual 90-100 kilogram dan hal yang sama disampaikan Hafiz, pedagang daging sapi yang mengatakan, harga daging sapi saat ini pun juga masih stabil yakni Rp 128 ribu - Rp130 ribu per kilogram.

Sementara itu Guntur mengatakan, sidak ini dilakukan untuk mengetahui harga jual bahan pokok secara nasional dengan yang ada di Jambi dan hasilnya harga kebutuhan bahan pokok di pasaran masih stabil.

"Namun tidak semua bahan pokok atau sembako yang bisa menjadi acuan harga seperti gula pasir, minyak mentah dan daging beku, pedagang masih menjual dengan harga standar," kata Guntur.

Dari hasil pemantauan di beberapa gudang gula dan beras seperti Bulog, tim Stagas memastikan persediaan sembako cukup aman.

Namun tim satgas juga akan terus melakukan penelusuran dan evaluasi jika terjadi lonjakan harga sembako di pasar tradisional di Kota Jambi dan jika terindikasi ada permainan atau spekulan kenaikkan harga yang sengaja maka pelakunya dikenakan sanksi Undang Undang Monopoli Perdagangan, Konsumen, kata Guntur lagi.

Berdasarkan pantauan, harga-harga bahan pokok di pasar tradisional seperti bawang merah yaitu Rp14 ribu per kilogram, bawang putih Rp38 ribu - Rp40 ribu per kilogram, cabai merah Rp22 ribu per kilogram dan minyak curah Rp 11 ribu per liter, lalu gula pasir Rp12.500 per Kg dan beras Rp11.500 per kilogram, daging ayam Rp28 ribu - Rp31 ribu per kilogram dan daging sapi Rp128 ribu - Rp130 ribu per kilogram.

Guntur mengatakan, hasil pantauan dari beberapa pasar tradisional di Kota Jambi, belum ada kenaikan harga sampai saat ini atau harga masih normal dan pasokan cukup tersedia.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017