Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola, Kamis, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Induk Tradisional Angsoduo Jambi untuk memastikan ketersediaan sembako dan memastikan harga tetap stabil dalam menyambut bulan Ramadhan.

Dalam sidak di pasar terbesar di Jambi itu, Zola memastikan stok bahan pokok seperti beras, gula, cabe dan bawang tergolong aman selama bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri nanti.

"Semua bahan pokok yang kita lihat tadi relatif masih sama atau masih stabil, memang ada kenaikan antara seribu dan dua ribu. Tapi yang menonjol kenaikannya yaitu bawang putih dan daging sapi berkisar antara Rp120-130 ribu per kilogram," kata Zola.

Zola mengungkapkan bahwa dirinya telah mengistruksikan Dinas Pertanian dan Peternakan untuk mempermudah izin bagi pedagang yang ingin men-drop sapi untuk para pedagang.

Dirinya juga berharap ketika ada gejolak kenaikan harga daging, Bulog harus segera mendistribusikan daging beku ke pasar-pasar tradisional di Jambi.

Menurut dia, kegiatan sidak tidak hanya memantau arus distribusi barang, tetapi juga memantau stok barang kebutuhan pokok, dan menjaga kualitas barang agar aman dikonsumsi oleh masyarakat. 

Sedangkan untuk antisipasi gejolak harga, Pemprov Jambi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan terus melakukan pemantauan harga dan mendukung seluruh OPD di Jambi untuk mengadakan pasar murah di beberapa titik di Kota Jambi.

"Insya Allah ini akan diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota juga," katanya.

Meski ketersediaan dan harga sembako masih aman, namun Zola mengimbau para distributor untuk rutin melihat dan mengecek ketersediaan agar tidak sampai terjadi kelangkaan dalam menghadapi puasa dan lebaran nanti.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017