Jambi, Antarajambi.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) melakukan aksi demo di Kantot Gubernur Jambi dengan tuntutan mendesak pemerintah provinsi terutama Gubernur Jambi, Zumi Zola untuk segera menetapkan dan memberlakukan upah minimun sektor.

Aksi demo ratusan buruh KSBSI, Kamis, dimulai dengan mendatangi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi yang dilanjutkan menuju kantor Gubernur Jambi, dikawasan Telanaipura, Kota Jambi, guna menagih janji Gubernur Jambi H Zumi Zola untuk mensejahterakan serikat buruh dan memberlakukan upah minimum sektor di Provinsi Jambi.

Menurut Hendra Ambarita (40), Koordinator lapangan (Korlap) aksi demo tersebut mengatakan adapun para serikat buruh melakukan aksi ini untuk menuntut pihak Disnaker Provinsi Jambi,  memfasilitasi dan segera dibentuk dewan pengupahan di seluruh wilayah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Kemudian memberlakukan upah minimum sektor, dengan melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan peraturan menteri ketenagakerjaan Nomor 1 tahun 2017, tentang struktur skala upah dan hentikan buruh kontrak (outsoursing dan union busting).

Sementara itu Gubernur Jambi Zumi Zola melalui Pejabat sementara Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik mengatakan sangat setuju dan sangat mengapresiasi bahwa semua perusahaan harus berlakukan upah minimum sektor bagi serikat buruh.

"Kita ketahui pada saat ini hanya ada dua Kabupaten yang melakukan upah minimum sektor yaitu Kota Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk Kabupaten/Kota yang lainnya belum melaksanakannya dan akan kami tindaklanjuti," kata Erwan Malik.

"Faktor dari penyebab tidak diberlakukannya upah minimum sektor pada beberapa kabupaten dan kota di Jambi lainnya karena dari para pekerja itu sendiri, perusahaan dan perguruan tinggi tidak ada di wilayah tersebut," katanya lagi.

Selain kelompok Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) juga hadir dalam aksi tersebut para serikat buruh dari Kabupaten Muaro Jambi, Bungo, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, serta pengurus tingkat Provinsi Jambi.

Aksi demo tersebut dikawal oleh ratusan anggota Kepolisian dan Satpol PP Provinsi Jambi yang berjalan kondusif dan perwakilan aspirasinya diterima untuk dipelajari oleh pemerintah provinsi agar bisa dilaksanakan.


Pewarta: Nanang Mairiadi/Zukni

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017