Sebanyak lima desa di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi telah mencairkan Bantuan Langsung  Tunai (BLT) Dana Desa  alokasi tahap  pertama untuk Bulan April 2020.

Kelima desa itu di Kecamatan Mersam, yakni Desa Sengkati Kecil, Desa Sengkati Mudo, Desa Tanjung Putra, Desa Sungai Puar, dan Desa Pematang Gadung.

"Per hari ini (8/5), sudah 5 desa yang mencairkan BLT, Desa Sengkati Kecil, Sengkati Mudo, Sungai Puar, Tanjung Putra, dan Pematang Gadung" kata Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TA-PM) Kabupaten Batanghari, Akmal, SE.

Lebih rinci Akmal menjelaskan, penerima manfaat BLT dana desa di Desa Sengkati Kecil berjumlah 117 Kepala Keluarga, dengan total uang yang telah disalurkan Rp70,2 juta . Sementara Desa Sungai Puar total 110 KK dengan dana Rp66 juta . Adapun Desa Pematang Gadung 178 KK dengan dana Rp106,8 juta.

Desa Sengkati Mudo 105 KK dengan total dana Rp63 juta  sementara Tanjung Putra 157 KK dengan dana Rp94,2 juta.

"Proses penyaluran dilakukan secara langsung atau tunai, namun tetap mengacu pada protokol kesehatan terkait pencegahan COVID -19," jelas Akmal.

Akmal menambahkan saat ini 105 desa lainnya di Batanghari sedang dan telah merampungkan proses validasi data calon penerima BLT. Dengan demikian, pencairan BLT di desa tersebut, sudah dapat disalurkan dalam waktu dekat.

"Sebagian besar desa sudah melakukan musyawarah desa khusus  penetapan calon penerima BLT, kita optimis desa dimaksud segera menyusul lima desa tadi," kata Akmal.

Pewarta: Septa Randika

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020