Seluruh 'traffic light'  di semua persimpangan jalan di Kota Jambi pada Senin (17/8) besok, akan "dimerahkan" atau hanya menyala warna merah selama tiga menit untuk  untuk peringatan "Detik-Detik Proklamasi" pada pukul 10.17-10.20 WIB.

"Pada saat momentum Detik-detik Proklamasi tsb, semua persimpangan di Kota Jambi traffic lightnya akan di merahkan selama 3 menit," kata juru bicara Pemkot Jambi, H  Abu Bakar di Jambi, Minggu.

Saat itu semua speaker yang tersedia disemua persimpangan akan memperdengarkan audio panduan bagi masyarakat untuk sejenak menghentikan segala aktivitas.

Warga diwajibkan berdiri tegak dan sikap sempurna memberikan penghormatan sambil menyanyikan lagu Kebangsaan  Indonesia Raya yang diperdengarkan melalui sepeaker tersebut.

"Sistem komando kegiatan itu dilakukan dgn menggunakan teknologi ATCS (Area Traffic Control System) yang di kendalikan dari ruang kendali Jambi City Operation Center (JCOC) di Kantor Wali Kota Jambi," kata Abu Bakar yang juga Kabag Humas Pemkot Jambi itu.  

Meski demikian, ada pengecualian bagi kendaraan darurat / emergency seperti ambulan, pemadam kebakaran atau kendaraan kedaruratan lainnya.

Hal tersebut merupakan cara Pemkot Jambi mengajak masyarakat untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, khususnya saat  momentum Detik-Detik Proklamasi.

"Ini inovasi di masa pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020