Gubernur Jambi Al Haris meminta Asosiasi Pengawas Ketenagakerjaan Indonesia (APKI) Provinsi Jambi memperkuat fungsi pengawasan ketenagakerjaan dan pelaksanaan tugas sebagai bentuk layanannya.

"Harapannya APKI dapat memperkuat fungsi pengawasan ketenagakerjaan di Jambi," kata Al Haris di Jambi, Rabu. 

Gubernur Haris menjelaskan APKI sebagai organisasi yang menaungi para pengawas ketenagakerjaan harus mampu menjadi organisasi profesi yang kuat, mandiri, dan profesional, serta menjadi wadah komunikasi. APKI juga diharapkan menjadi wadah pengembangan sumber daya manusia pengawas ketenagakerjaan dalam rangka mewujudkan pengawas ketenagakerjaan yang cerdas, handal, kompeten, dan berintegritas untuk mewujudkan kondisi ketenagakerjaan yang positif.

APKI mempunyai tugas menyusun serta melaksanakan kode etik dan kode perilaku profesi, memberikan advokasi, serta memeriksa dan memberikan rekomendasi atas pelanggaran kode etik dan kode perilaku profesi pengawas ketenagakerjaan.

"Saya berpesan kepada seluruh pengawas ketenagakerjaan untuk bekerja optimal dan profesional, karena saudara-saudara semua memiliki peranan vital untuk menciptakan keadilan sosial dan hubungan kerja harmonis dalam rangka menciptakan dan menjaga ketenangan bekerja di Provinsi Jambi khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata Al Haris.

Dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan ketenagakerjaan serta meningkatkan kualitas kerja pengawasan, menurut Al Haris APKI perlu meningkatkan pemahaman, integritas, dan kapasitas peran pengawas ketenagakerjaan. APKI harus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait untuk melaksanakan peningkatan kapasitas pengawas dalam menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan dan penegakan hukum di bidang ketenagakerjaan.

Selain itu pengawasan ketenagakerjaan yang dilakukan APKI dapat membantu dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pemberian layanan terbaik bidang ketenagakerjaan kepada masyarakat. 

"Harapannya APKI dapat memelihara sikap profesional dan independen serta dapat terus meningkatkan kemampuan teknis agar mampu melayani kebutuhan masyarakat akan perlindungan hak asasi dan jaminan sosial para pekerja," kata Al Haris.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022