Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi memastikan persediaan blangko untuk pencetakan kartu tanda penduduk elektronik di daerah itu mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun ini.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jambi Nirwan mengatakan instansinya telah menerima tambahan blangko KTP elektronik dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jambi.
 
"Total ada 2.000 blangko KTP elektronik yang didistribusikan oleh pemerintah pusat," katanya di Jambi, Rabu.
 
Selain itu, lanjut Nirwan, Disdukcapil Kota Jambi juga baru mendapat tambahan blangko dari Pemerintah Provinsi Jambi sebanyak 500 lembar.
 
"Dengan jumlah yang ada saat ini, kami jamin persediaan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya menambahkan.
 
Nirwan mengatakan dengan ketersediaan blangko yang ada, instansinya mampu mengakomodasi pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik yang rata-rata sebanyak 500 orang per hari.
 
"Sudah normal sekarang kondisinya karena sudah ada juga tambahan dari provinsi dan pusat. Insya Allah cukup," ucapnya.
 
Menurut ia, kondisi aman ini juga bergantung dengan ketersediaan blangko KTP di pemerintah pusat. :Di pusat informasinya juga aman sehingga di daerah menyesuaikan," katanya lagi.
 
Sebelumnya, stok blangko KTP elektronik di Disdukcapil Kota Jambi selama satu bulan terakhir sangat terbatas karena ada keterlambatan proses tender pengadaan blangko dari pemerintah.
 
Nirwan juga menambahkan Disdukcapil Kota Jambi saat ini hanya mencetak KTP elektronik yang mendesak, yakni KTP hilang, rusak berat dan pembuatan baru.
 
"Untuk yang rusak ringan atau pindah kita tunda dulu cetaknya," katanya menambahkan.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022