Taman Tapah Malenggang kini menjadi salah satu destinasi wisata terbaru di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Wisata Taman Tapa Malenggang tersebut berada di depan Serambi Rumah Dinas Bupati Batanghari yang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Batanghari. 

Wisata taman tersebut yang dibangun dengan anggaran Rp10 miliar dan dilengkapi pedestrian serta tempat bermain ramah anak, gerai UMKM sehingga menjadi tempat wisata baru di daerah itu. Jumat.

Bangunan objek wisata Taman Tapah Malenggang itu mempunyai ciri khas seperti atap saung yang melengkung ke dalam yang terbuat daun kering atau biasa disebut dengan rubai, untuk saung itu terbuat dari ornamen kayu dan saung tersebut terdapat di atas air.

Keberadaan taman Tapah Malenggang ini selain menjadi objek wisata daerah, juga memberikan dampak manfaat ekonomi keluarga masyarakat lokal selaku pengelola objek wisata tersebut.

Selain itu, nama Tapa Malenggang adalah sebutan salah satu jenis ikan di Batanghari yang memiliki peran dalam sejarah Kabupaten Batanghari, salah satu kabupaten tertua di Jambi.

Taman Tapah Malenggang itu membentuk tampilan pendopo di atas sawah serta menjadi pemandangan indah di kala sore hari maupun di pagi hari.

Dengan adanya wisata taman Tapah Malenggang itu, tentu menjadi wajah baru di Kabupaten Batang Hari yang dampaknya akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Bahkan, hampir setiap hari wisata taman Tapah Malenggang tersebut ramai di kunjungi oleh masyarakat Batanghari maupun masyarakat di luar daerah.
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023