Ketua Umum KONI Provinsi Jambi Budi Setiawan berharap pemerintah pusat maupun daerah dapat memberikan perhatian khusus kepada atlet peraih medali SEA Games Kamboja 2023 dengan memberikan mereka pekerjaan.

"Saya berharap besar atlet daerah diberikan peluang pekerjaan untuk jaminan masa depan," kata Budi Setiawan di Jambi, Kamis.

Ia mengatakan jika jaminan pekerjaan sudah diberikan maka atlet dapat fokus mengejar prestasi, selain tentunya ini juga sebagai bentuk apresiasi negara terhadap atlet.

Penghargaan terhadap atlet ini dibutuhkan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar mau menjadi olahragawan berprestasi.

Pengurus KONI Provinsi Jambi mendata terdapat delapan atlet Jambi yang memperkuat Kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja yang menyumbangkan medali yakni lifter putri Klarisa meraih emas, kemudian atlet jalan cepat Violine meraih perak, atlet dayung Subhi dan Joko berhasil menyumbang emas, perak dan perunggu, atlet bola basket Nathania Claresta Orville menyumbang emas dan atlet polo air Rian dan Yusuf yang mempersembahkan perak.

Pada SEA Games Kamboja kali ini ada tujuh atlet Jambi yang memperkuat Kontingen Indonesia yakni Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman (polo air), Violine Intan Puspita (atletik), Nathania Claresta Orville (basket), Joko Andriyanto dan Subhi (dayung), Juliana Clarissa (angkat besi).

Dari cabang polo air pemain asal Jambi Yusuf Budiman dan Rian Rinaldo menyabet medali perak untuk Indonesia setelah berhadapan dengan Malaysia meraih kemenangan 14-6, menempatkan tim polo air putra Indonesia di posisi kedua pada laga setengah kompetisi itu dengan raihan empat kali kemenangan dan satu kalah dimana emas diraih Singapura dan perunggu Thailand.

"Hasil kali ini saya merasa kurang memuaskan karena pada SEA Games terakhir 2019 di Philipina regu putra Indonesia dapat medali emas dan sekarang meleset dapat perak, tetapi Alhmdulillah tetap disyukuri," kata Yusuf.

Yusuf juga menyampaikan ucapan terimakasih atas semua pihak yang telah mendukungnya terutama keluarga juga buat warga Jambi yang mendukung kami main di SEA Games Kamboja.

Sementara tidak kalah hebatnya atlet dayung Jambi Subhi dan Joko Andriyanto juga berhasil menyumbangkan tiga medali emas, satu perak dan empat perunggu untuk Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja, meskipun mereka tampil di nomor beregu.

Subhi berhasil meraih satu medali emas nomor TBR 12 Crew Men's U24 250M, satu perak TBR 12 Crew Men’s U24 500M,  empat perunggu pada TBR 12 Crew Mixed U24 250M, TBR 5 Crew Men’s U24 500M, TBR 5 Crew Men’s U24 800M dan TBR 12 Crew Mix U24 500M.

Sementara Joko Andriyanto di Sea Games 2023 Kamboja berhasil meraih dua medali emas untuk Indonesia pada nomor Open TBR 12 Crew Men’s 500M dan Open TBR 12 Crew Men’s 800M.

Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Provinsi Jambi, Hasan Mabruri mengaku merasa bangga dan tentu berbahagia, perjuangan mereka meraih medali SEA Games itu tidak mudah dan prestasi yang luar biasa dari semangat mereka, tidak hanya kita, tetapi mereka bikin bangga Indonesia.

"Saya ucapkan selamat untuk keberhasilan mereka, harapan kita tentu kepedulian Pemerintah Daerah dapat ditingkatkan lagi terhadap atlet-atlet kita," katanya.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023