Panitia pusat UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 telah mengumumkan data sebanyak 223.217 calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dari 803.852 pendaftar se-Indonesia.

Calon mahasiswa yang mendaftar di Universitas Jambi (Unja) sebanyak 9.630 pendaftar dengan 3.846 peserta dinyatakan lolos seleksi masuk ke UNJA melalui jalur SNBT. UNJA pada awalnya membuka daya tampung sebesar 4.175, dengan angka sebesar 329 yang tidak memenuhi daya tampung, maka selisih tersebut akan dialihkan ke jalur SMM-PTN (Seleksi Masuk Mandiri – Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat) atau yang biasa disebut Jalur Mandiri.

Dikutip dari website SNPMB, Unja berada pada peringkat 11 besar sebagai PTN penerima mahasiswa baru terbanyak se-Indonesia. 3.846 calon mahasiswa tersebut terbagi ke dalam 64 Program Studi yang ada di 7 Fakultas di UNJA, dengan 54 Prodi S1 dan 10 Prodi Vokasi. Prodi Sarjana menerima sebanyak 3.652 orang dan Prodi Vokasi sebanyak 194 orang.

Sebelumnya Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Kamid  menyampaikan pesan kepada para calon mhasiswa yang lulus SNBT Unja 2023.

“Peserta dan orang tua peserta harus bangga dengan nilai murni yang diperoleh dengan usaha sendiri. Para peserta yang lulus diharapkan segera melakukan pemenuhan berkas untuk kepentingan daftar ulang, karena batas waktu untuk melakukan pendaftaran ulan terbatas. Bagi yang belum lulus melalui jalur SNBT, segeralah mendaftar untuk Jalur Mandiri (SMM-PTN),” katanya.

Rektor Unja Prof Sutrisno  pun juga sudah menekankan tentang integritas penerimaan mahasiswa baru jalur SNBT tanpa gratifikasi, suap, dan pemerasan.

“Saat ini yang sedang berlangsung adalah penguatan integritas penerima mahasiswa baru jalur SNBT yang dikawal langsung oleh KPK. Kami menjamin tidak ada gratifikasi, suap, dan pemerasan di dalam pelaksanaannya. Selamat bergabung di UNJA, A World Class Entrepreneurship University,” katanya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023