Pemerintah Kota Jambi (Pemkot) Jambi mengupayakan percepatan kerja sama dengan tiga kabupaten kota untuk menjaga dan menjamin stabilitas pasokan bahan pangan.

Wakil Wali Kota Jambi Maulana di Jambi, Jumat, mengatakan kerja sama ini diupayakan mengingat kebutuhan dan produksi pangan dalam kota tidak seimbang sehingga pemenuhan bahan makanan harus disiapkan dari daerah lain.

"Sebelum ke provinsi lain, Pemkot Jambi harus mengoptimalkan kerja sama antar kabupaten kota di Provinsi Jambi. Bisa dengan Kabupaten Bungo, atau untuk sayur sayuran dengan Kerinci dan sekitarnya, termasuk daging dari Muaro Jambi karena banyak peternak disana," kata dia.

Ia memastikan pihaknya telah menginstruksikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi untuk mempercepat kolaborasi antara kabupaten tersebut. 

Melalui kerja sama dengan kabupaten kota, ia mengharapkan pemenuhan kebutuhan pangan antara daerah dapat terwujud dan penyediaan informasi terkait kebutuhan dan stok pangan dapat terpenuhi.

"Misal di sana panen, kita lagi butuh, bisa kita ambil dari kabupaten yang produksi, kalau perlu kita subsidi transportasinya," katanya. 

Pada prinsipnya, lanjut Maulana, kerja sama antara daerah dalam pengendalian ketersediaan stok pangan ditujukan agar tidak terjadi kenaikan harga barang yang signifikan. 

Selanjutnya, kata dia, Pemkot Jambi sudah melirik beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jambi yang potensial untuk kelanjutan kerja sama seperti Kota Sungai Penuh, Kabupaten Bungo dan Muaro Jambi.

Ia pun meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi melakukan langkah konkret dengan mendorong penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antar daerah. 

Baca juga: Wakil Wali Kota Jambi shalat Idul Adha di Balaikota bersama masyarakat

Baca juga: Pemkot Jambi periksa kesehatan 4.128 hewan kurban

Baca juga: Pemkot Jambi tunjuk dua puskesmas jadi central penanganan kasus rabies

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023