Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno mengharapkan para atlet yang potensial dari Jambi dapat berprestasi dan mampu menyumbangkan masing-masing satu emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024.
 
"Alangkah indahnya nanti apabila Porprov Jambi 2023 sudah selesai, para atlet juga bisa lolos babak kualifikasi PON Aceh Sumut 2024," kata Suwarno di Jambi, Senin malam (10/7) saat pembukaan Porprov Jambi 2023.
 
Ia menjelaskan jumlah atlet Jambi yang mengikuti Porprov Jambi 2023 tercatat lebih dari 5.000 orang, sehingga potensi atlet kabupaten kota di Jambi untuk memberikan kontribusi medali dalam PON mendatang sangat besar.
 
Suwarno pun memastikan pekan olahraga provinsi ini menjadi momen yang tepat bagi daerah untuk mempersiapkan atlet untuk mewakili Jambi menuju PON. 
 
"Saat ini kami laporkan untuk PON sudah sampai pada  babak kualifikasi. Oleh sebab itu kami berharap hasil dari porprov tidak terlalu lama untuk dipersiapkan untuk disiapkan mengikuti kualifikasi dengan harapan lolos mewakili Jambi menuju PON," kata dia.

Menurut dia, penyelenggaraan Porprov harus memberikan kontribusi terhadap kemajuan atlet di daerah agar atlet mampu bersaing dalam kegiatan olahraga nasional sekelas PON.
 
"Alangkah tidak efektif apabila ratusan atlet yang ada saat ini tidak ada satu pun yang mewakili kabupaten kota untuk PON," katanya.
 
Pada penyelenggaraan Porprov Jambi ke-23 tahun 2023 tercatat sebanyak 5.551 atlet dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi mengikuti pertandingan.
 
Gubernur Jambi Al Haris mengatakan komitmen pemda mendorong peningkatan prestasi atlet bukan saja melalui penyelenggaraan pertandingan olahraga, tapi juga menyiapkan fasilitas olahraga yang sesuai standar.
 
"Kami sedang menyiapkan stadion center di Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi," katanya.

Baca juga: Pertandingan Esports Porprov Jambi diikuti seluruh kabupaten dan kota

Baca juga: Pemkab Bungo kirim 861 kontingen pada Pekan Olahraga Provinsi Jambi

Baca juga: Askot PSSI Kota Jambi seleksi puluhan pemain hadapi Porprov 2023

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023