SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd memulai proses pembangunan jalan beton Blok D Geragai sepanjang 1.960 meter yang terletak di Mendahara Ilir, Tanjung Jabung Timur, propinsi Jambi.
 
Field Manager Jabung Rudy Hermawan dalam keterangan resmi yang diterima di Jambi, Selasa, mengatakan pembangunan jalan ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menyediakan akses yang lebih baik bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah kerja Jabung.
 
Berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, KKKS menyiapkan beberapa Program Pengembangan Masyarakat (PPM) tahun 2023, termasuk pembangunan jalan beton, pemberian bantuan pendidikan bagi siswa SD sampai SMA/SMK, dan pengembangan UMKM di wilayah tersebut.
 
"Pembangunan jalan beton Blok D ini merupakan program yang diusulkan oleh Pemkab Tanjung Jabung Timur. Kami menargetkan jalan ini selesai dibangun pada bulan November tahun ini,” katanya.
 
Saat ini, pembersihan dan penyiapan badan jalan, galian pengerasan, timbunan pelebaran badan jalan dan lapis pondasi agregat kelas B untuk pembangunan Jalan Blok D telah selesai dikerjakan.
 
Pembangunan jalan rigid beton memakan waktu pembangunan lebih lama dibandingkan dengan pembangunan jalan asphalt. Untuk itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari masyarakat agar proyek pengerjaan ini berjalan lancar dan sesuai target.
 
Selain membangun fasilitas umum berupa jalan Blok D, KKKS setempat baru-baru ini telah menyelesaikan program penambahan fasilitas di tiga sekolah, yaitu penyediaan paving block di SD II3/X di Pandan Makmur, SDN 170/X di Pandan Lagan, dan Madrasah Aliyah Nurul Huda di Pandan Jaya.
 
Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Safei menyampaikan bahwa hal ini sangat baik guna terus memberikan dampak positif adanya hulu migas di daerah.

Peran ini dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara kegiatan hulu migas dengan Pemerintah dan Masyarakat di daerah operasional perusahaan.
 
“Program-program ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama sekaligus menjadi komitmen bagi KKKS yang menjalankan operasional di lapangan dan artinya wajib untuk direalisasikan,” kata Safei.
 
Selanjutnya, dengan peran dan dukungan ini harapan masyarakat dan pemerintah dapat terbantu dan dapat merasakan manfaat adanya kegiatan hulu migas di daerah.
 
Sebelumnya Pemkab Tanjab Timur dan perusahaan juga telah melakukan MoU terkait pembangunan ruas jalan di Mendahara. Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto menyambut baik program pembangunan jalan yang dilakukan oleh perusahaan migas tersebut karena dipandang mengutamakan kepentingan masyarakat, pemkab dan perusahaan.
 
Selain itu, pembangunan jalan juga mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023