Gubernur Jambi Al Haris menghadiri pembukaan Pertikawan Regional Sumatera yang diikuti 576 orang anggota Pramuka dari berbagai Provinsi, Kabupaten atau Kota se-Sumatera di halaman depan kantor baru bupati Merangin.

Kegiatan Pertikawan (Perkemahan bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti) regional Sumatera adalah kegiatan yang menyulut kolaborasi multi pihak, baik antar kontingen daerah, maupun kerja sama antara Pramuka dengan Pemerintah, Minggu.

"Kolaborasi itu termasuk dengan aktivis dan penggiat lingkungan yang memiliki agenda konservasi dan restorasi seperti Merangin Jambi Unesco Global Geopark, begitupun dengan masyarakat adat dan masyarakat umum," kata Al Haris.

Pertikawan Regional Sumatera 2023 adalah kegiatan pertama dari rangkaian kegiatan serupa di ke-enam regional di seluruh Indonesia. Kegiatan bakti yang menjadi sesi pengabdian segenap Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru se-Sumatera.

"Kegiatan ini sekaligus simpul awal jejaring kerja keberlanjutan Pramuka dengan berbagai pemangku kepentingan terkait di Sumatera, khususnya dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin sebagai tuan rumah kegiatan yang luar biasa," kata Gubernur.

Menurut dia, kerusakan lingkungan yang berbuntut pada pendidihan global dan krisis iklim bukan lagi wacana.

"Kita tidak bisa menomor dua kan nya lagi. Seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali, baik mereka yang ada di Desa-desa penyangga wilayah konservasi, maupun mereka yang tinggal di wilayah urban menghadapi tantangan lingkungan yang sama," kata Gubernur.

Ia memastikan semua akan menghadapi potensi bencana alam yang sama, dan ancaman terhadap ketahanan pangan, ketika keanekaragaman hayati rusak dan hilang satu persatu.

"Kita perlu mendorong terbentuknya kolaborasi-kolaborasi multi pihak, mulai tingkat desa, hingga ke regional. Untuk mewujudkannya, pelibatan generasi muda penegak pandega adalah salah satu strategi paling efektif dan efisien yang bisa kita upayakan bersama," kata Gubernur.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Merangin Mashuri mengucapkan terima kasih kepada Kwarnas yang telah menunjukkan Kabupaten Merangin menjadi tuan rumah Partikawan Regional Sumatera 2023.

‘’Terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Kami juga mengucapkan selamat datang kepada peserta yang hadir di Bumi Tali Undang Tambang Teliti,’’ ujar Bupati.

Baca juga: Gubernur Jambi imbau masyarakat kurangi kegiatan di luar rumah jika tidak penting

Baca juga: Gubernur Jambi lapokan kondisi pertanahan ke Menteri ATR/BPN

Baca juga: Gubernur Jambi: Rakernas Apdesi tak undang bacapres agar tak politis

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023