Pembukaan Festival Pekan Kebudayaan Daerah (FPKD) yang menyajikan berbagai kuliner lokal, pameran, bazar dan karnaval kostum telah berlangsung secara meriah dan spektakuler di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Merangin. 

"Festival PKD Kabupaten Merangin 2023 kali ini mengusung tema Geopark Manifesto Art and Edutainment Festival in Collaboration With Pertikawan Regional Sumatera 2023," kata Bupati Kabupaten Merangin Mashuri.

Festival PKD yang juga dihadiri Gubernur Jambi Al Haris merupakan wujud nyata dari semangat untuk menggali, menghargai dan melestarikan kekayaan budaya, seni dan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Merangin.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan wadah yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan alam, mendalaminya melalui seni, serta menggugah semangat kepedulian lingkungan.

‘’Kita wujudkan tiga pilar Geopark yaitu edukasi, konservasi dan pemberdayaan masyarakat, seiring dengan optimisme dengan ditetapkannya Geopark Merangin Jambi menjadi bagian dari Unesco Global Geopark,’’ujar Bupati.

Merangin Unesco Global Geopark meraih penghargaan terbaik di dunia dalam kategori Best Practice Award 2023 berkaitan dengan penerapan SDG's yang sangat baik pada masyarakat Desa Rantau Kermas di Maroko beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Wabup Merangin Nilwan Yahya mengatakan, Festival PKD 2023 akan berlangsung dari 7 hingga 22 September 2023, dengan berbagai lomba kuliner, seni dan budaya, bazar ekraf, pameran Geopark-Geopark yang ada di Indonesia.

Tidak hanya itu, paling istimewa pada FPKD 2023 adanya kolaborasi dengan Geopark Merangin Jambi dan Pertikawan Regional Sumatera. Dan juga ada kegiatan Karnaval Kostum dengan tema Geopark yang disponsori oleh Pertikawan. 

Kostum tersebut  diperagakan oleh Bujang Upik Merangin dan anggota Drumb Corp Bahana Masurai, selanjutnya juga akan ada Pertikawan Got Talent, yang diisi oleh peserta Pertikawan dari 10 Provinsi se-Sumatera.  

"Kita juga menyelenggarakan seminar bertaraf internasional dengan tema Promoting the Best Way to Connect People With World’s Heritages of Geodiversity, Biodiversity, and Cultural Diversity to Prompt Sustainability," kata Wabup.

Seminar Internasional itu menghadirkan narasumber-narasumber yang akan memberikan berbagai informasi dan pengetahuan terkait bagaimana upaya mewujudkan lingkungan berkelanjutan melalui Geopark Merangin Jambi.

"Alhamdulillah di hari-hari terakhir masa periode kami memimpin Kabupaten Merangin dapat menyuguhkan event besar ini yang akan menjadi agenda kebudayaan tahunan Kabupaten Merangin," jelas Wabup.

Baca juga: Bupati Merangin lantik enam pejabat eselon II

Baca juga: Wakil Bupati Merangin buka bimtek kades

Baca juga: Wakil Bupati Merangin resmikan pemakaian sekolah siaga kependudukan

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023