Pemerintah Kota Jambi menginstruksikan seluruh kecamatan di daerah tersebut ikut andil menjalankan program penanganan dan pengendalian inflasi melalui pasar murah bersubsidi. 

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Rabu, mengatakan implementasi rencana aksi upaya pengendalian inflasi di Kota Jambi terus berlanjut terutama upaya yang gencar dilaksanakan oleh seluruh kecamatan di Kota Jambi.

"Kami melaksanakan pasar murah bersubsidi bagi masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrem, bertempat di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Danau Sipin, Alam Barajo, Telanaipura dan Pelayangan," kata dia.

Pasar Murah Bersubsidi merupakan bagian dari 11 langkah kongkret yang dilaksanakan dalam upaya pengendalian inflasi salah satunya adalah bantuan sosial bersubsidi komoditas pangan pokok bagi masyarakat terutama bagi mereka yang masuk kategori miskin ekstrem.

Menurut Sri, masyarakat miskin ekstrem tentu saja berpotensi sangat terdampak mendapat tekanan ekonomi yang makin berat akibat inflasi. Daya beli menurun diakibatkan nilai beberapa komoditas bahan pangan pokok mengalami kenaikan. 

Baca juga: Pemkot Jambi siapkan gerakan pangan murah jamin harga terjangkau

Untuk itu, tegasnya, pemerintah wajib hadir membantu masyarakat melalui kegiatan pasar murah bersubsidi yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Jambi. 

Sri menyebutkan bahwa upaya pengendalian inflasi harus dilaksanakan secara komprehensif melibatkan seluruh sumber daya yang ada di Kota Jambi.

Pasar murah ini, kata dia, menjadi upaya cepat dalam penanganan jangka pendek. Untuk kontingensi jangka panjang, Pemkot Jambi menyiapkan peta jalan pengendalian inflasi.

Khusus untuk kegiatan pasar murah bersubsidi di seluruh kecamatan di Kota Jambi, menurut Sri pendanaannya bersumber dari dana bantuan keuangan bersifat khusus Pemerintah Provinsi Jambi tahun anggaran 2023 yang dialokasikan kepada Pemerintah Kota Jambi dalam upaya pengendalian inflasi.

Sasarannya adalah warga yang tergolong miskin ekstrem terdampak inflasi. Selain bantuan pasar murah, alokasi dana bantuan tersebut juga berupa bantuan bibit cabai dan hortikultura lainnya serta kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait upaya pengendalian inflasi.

Kegiatan sosialisasi juga penting dilaksanakan sebagai bagian upaya edukasi dan membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya pengendalian inflasi di Kota Jambi sehingga masyarakat yang teredukasi lebih bijak dan pintar menyikapi adanya inflasi.

Baca juga: Pemkot Jambi gelar pasar murah bersubsidi kendalikan inflasi pangan
Baca juga: Pemkot Jambi bantu peralatan usaha UMKM upaya kendalikan inflasi

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023