Pemkot Jambi memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kategori miskin ekstrem di seluruh kecamatan di daerah tersebut, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/Tuyani)
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi mencatat jumlah penduduk dengan kategori miskin ekstrem di daerah itu mengalami penurunan hingga 26,86 persen.

Kepala Dinas Sosial Kota Jambi Yunita Indrawati di Jambi, Kamis, mengatakan jumlah penduduk Kota Jambi yang masuk kategori miskin ekstrem saat ini tercatat sebanyak 6.342 orang, turun dari sebelumnya 8.671 orang.

"Angkanya terus mengalami penurunan seiring waktu," kata dia.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan ekstrem di Kota Jambi,  salah satunya dengan memberikan pelatihan hingga modal kepada mereka untuk memulai usaha.

Pemerintah Kota Jambi memberikan pelatihan usaha sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat sehingga upaya itu menjadi solusi agar mereka bisa keluar dari kemiskinan ekstrem.

Selain itu, Pemerintah Kota Jambi juga memberikan berbagai bantuan bahan pokok di hari besar, seperti pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha serta jelang perayaan Natal.

Tidak hanya itu, Pemkot Jambi juga memberikan bantuan biaya kesehatan hingga beasiswa pendidikan bagi anak dari keluarga yang masuk data kemiskinan ekstrem.

Upaya menurunkan jumlah penduduk miskin ekstrem juga melibatkan berbagai pihak, salah satunya perusahaan yang ada di Kota Jambi. Dana CSR perusahaan juga ikut membantu masyarakat miskin ekstrem di daerah itu.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023