Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan kepada 238 anak yatim piatu di Kota Jambi untuk membantu biaya hidup dan pendidikan penerima.

Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Rabu, mengatakan program ini merupakan bantuan ATENSI Kemensos yang disalurkan melalui Bank Mandiri kepada anak yatim piatu.

"Bantuan yang diberikan sebesar Rp400 ribu yang disalurkan secara non-tunai melalui Bank Mandiri," kata dia.

Selain bantuan uang, lanjutnya, ratusan anak yatim piatu ini juga mendapatkan nutrisi dari Sentra Alyatama Jambi. Bantuan ini diberikan agar anak yatim piatu tetap mendapatkan nutrisi yang cukup bagi kesehatannya.

Sri menjelaskan bantuan yang ditujukan untuk anak yatim piatu ini sebagai wujud tanggung jawab negara melalui Kemensos.

"Mereka yang tanpa orang tua ini, termasuk dalam kondisi kerentanan, paling tidak negara hadir memberikan perhatian supaya mereka tetap bisa menjaga kesehatan menjalani proses pendidikan," kata Sri.

Sri berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan baik oleh penerima. Di hadapan para penerima, dia berpesan agar menggunakan bantuan dana tersebut untuk tambahan biaya pendidikan.

"Gunakan dana ini untuk kebutuhan, jangan untuk yang tidak penting," katanya.

Selain penyerahan bantuan, Kemensos juga memberikan bantuan kepada korban banjir dari Olak Kemang dan Beringin, serta bantuan bagi korban kebakaran di Kelurahan Beliung, Kecamatan Alam Barajo.

Kepala Sentra Alyatama Jambi Hendra Permana mengatakan anak yatim piatu menjadi kelompok rentan, program ini bukti pemerintah hadir mencegah kerentanan untuk mendukung pendidikan dan kesehatan anak-anak tersebut.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024