Pemerintah Provinsi Jambi melengkapi infrastruktur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Peternakan di daerahnya, untuk mendorong meningkatnya pengembangan sumber daya manusia di bidang peternakan.

Gubernur Jambi Al Haris di Jambi Senin mengatakan, hal ini bagian dari pengembangan sekolah peternakan di Kabupaten Merangin, yakni SMK Negeri 15 Merangin dengan membangun empat gedung belajar.

Gedung SMK Negeri 15 tersebut dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2023.

Gubernur mengatakan, tidak banyak daerah yang mengembangkan sekolah peternakan.

Pengembangan sekolah ini, katanya, sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya
mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengisi posisi tenaga ahli lapangan usaha sektor peternakan ke depan.

Dengan pembangunan infrastruktur dan fasilitas belajar mengajar ini, membuat siswa dan tenaga pengajar menjadi nyaman.

Dia menjelaskan, ke depan akan dianggarkan kembali untuk pengembangan fasilitas lainnya di sekolah tersebut.

"Nanti kita bangun lagi ruang untuk guru dan pembangunan konblok sekolah, sehingga tambah bagus," katanya.

Al Haris juga mengungkapkan bahwa SMK jurusan unggulan peternakan merupakan salah satu jurusan yang memiliki peluang besar.

"Untuk itu kita perlu alumni SMK peternakan yang bergerak di bidang ini, yang akan membuka lapangan pekerjaan setidaknya bisa mencukupi kebutuhan daging di Provinsi Jambi, itu yang kita harapkan," katanya.

Selain ruang belajar, Pemprov Jambi juga memberikan bantuan penambahan perlengkapan praktik, dan perlengkapan belajar pada DAK fisik tahun anggaran 2023.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024