Universitas Jambi bersama Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komisaris Daerah (KOMDA) Jambi mempersiapkan ‘Simulasi Operasi Pembasahan Lahan Gambut dalam Rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)’ menggunakan helikopter water booming.

Kegiatan ini dilaksanakan Rabu 12 Juni 2024 yang akan melibatkan kurang lebih 550 peserta dengan 300 di antaranya merupakan mahasiswa Unja dan perguruan tinggi lainnya yang ada di Jambi.

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan tersebut, Unja melaksanakan rapat persiapan di Ruang Dekan FAPERTA, Senin.

Dekan FAPERTA  Bambang menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya simulasi ini adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada mahasiswa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mahasiswa mengenai manajemen kebakaran hutan dan lahan, serta memberikan pengalaman praktis dalam penanganan Karhutla. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap dan sigap dalam menghadapi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di masa depan. Kami percaya bahwa keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini akan menjadi modal berharga dalam upaya kita menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah bencana alam yang merugikan,” kata Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua APHI KOMDA Jambi  Taufik menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya simulasi penanganan Karhutla ini adalah bukti prestasi Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Provinsi Jambi yang meraih peringkat 1 sebagai Satgas terbaik di Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihat bagaimana satgas berhasil dalam penanganan Karhutla. Kami berharap, ke depannya, keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Karhutla dapat semakin ditingkatkan,” kata Taufik.

Simulasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan dan pemerintah,  dalam upaya pencegahan Karhutla. Dengan semangat kolaborasi dan edukasi, diharapkan bahwa tindakan preventif dapat diimplementasikan lebih efektif, sehingga hutan dan lahan gambut yang berharga dapat terjaga dengan baik.

Kegiatan ini bukan hanya sebuah latihan, tetapi juga sebuah komitmen bersama untuk masa depan yang lebih hijau dan aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024