Tim Pengabdian masyarakat Fakultas Hukum Universitas Jambi (Unja) telah melakukan kegiatan pengabdian yang berlokasi di Kota Sungai Penuh.

Tepatnya opara pelajar SMP Negeri 8 Kota Sungai Penuh dengan kegiatan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting mengangkat tema 'perlindungan hukum terhadap anak yang berhadapan dengan hukum'.

Kegiatan pertemuan daring dengan peserta pelajar SMP Negeri 8 Kota Sungai Penuh, Jambi yang juga diikuti tim pengabdian Fakultas Hukum Unja tentang sosialisasi perlindungan hukum terhadap anak berjalan lancar, sukses dan dipahami para pelajar, kata Ketua Tim Pengabdian Fakultas Hukum Unja, Andi Najemi SH MH, di Jambi Rabu.

Melalui sosialisasi itu disampaikan bahwa pada saat ini anak yang berhadapan dengan hukum cukup tinggi jumlahnya, baik anak sebagai pelaku, sebagai korban maupun sebagai saksi.

Penanganan anak yang berhadapan dengan hukum khususnya anak yang berkonflik dengan hukum mempunyai aturan khusus yang berbeda dengan penanganan orang dewasa sebagaimana yang diatur dalam  UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 jo Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

Berkaitan dengan anak yang berhadapan dengan hukum, anak mempunyai hak hak tertentu yang belum banyak diketahui oleh si anak sendiri maka oleh karena itu diperlukan sosialisasi terhadap anak yang dalam hal ini adalah para pelajar untuk dapat mengetahui hak-hak dan kewajibannya, apabila anak tersebut melakukan suatu perbuatan yang melanggar hukum atau menjadi korban suatu tindak pidana maupun menjadi saksi dalam proses peradilan pidana.

"Respon dan tanggapan dari para peserta terhadap kegiatan ini sangat baik, peserta sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan baik dilakukan dengan cara diskusi maupun tanyajawab, sehingga dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan terjadinya peningkatan pengetahuan pelajar terhadap Undang Undang Sistem Peradilan Pidana Anak dan Undang Undang Perlindungan Anak," kata Andi Najemi.
Sosialiasi 'perlindungan hukum terhadap anak yang berhadapan dengan hukum' yang digelar melalui daring bersama pelajar SMP N 8 Sungai Penuh, Jambi oleh tim pengabdian masyarakat Fakultas Hukum Unja.(ANTARA/HO)



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020