Friscilla Wulan Tersta mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor Program Doktor Kependidikan Pascasarjana Universitas Jambi dengan mengusulkan sebuah konseptual model baru untuk program English for Specific Purpose (ESP) di perguruan tinggi.

Friscilla dalam sidang yang gelar beberapa waktu lalu, mengatakan model itu dikonseptualisasikan berdasarkan berbagai pemahaman dan pengalaman mendalam dosen Bahasa Inggris yang telah mengajar Bahasa Inggris selama lebih dari 5 tahun di perguruan tinggi, yang kemudian berubah menjadi pengetahuan faktual  dan bukan sekedar asumsi dan persepsi.

“Secara teoritis, penelitian ini memperkaya literatur tentang Autonomous Learning (pembelajaran otonom) dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris, khususnya pemahaman konsep Autonomous Learning (pembelajaran otonom), mendorong siswa menjadi Learner Autonomy (pembelajar mandiri), menciptakan suatu strategi yang efektif, dan membentuk siswa menjadi pembelajar mandiri,” jelas kata perempuan kelahiran Jambi, 2 Oktober 1992.

Secara praktis, penelitian ini memberikan informasi lebih lanjut kepada dosen dalam mengenal Autonomous Learning (pembelajaran otonom) di perguruan tinggi dan menerapkannya pada interaksi kelas dengan melihat kebutuhan dan tingkatan mahasiswa.

Hal baru dari penelitian ini adalah menjawab tantangan pembelajaran bahasa Inggris dalam konteks ESP di berbagai program studi yang hanya dikontrak oleh mahasiswa 2 sks agar lebih efektif dan efisien apabila mendapat trigger dari dosen bahasa Inggris untuk membuatnya. belajar lebih mandiri.

“Secara profesional, hasil penelitian ini berupa solusi, pedoman, model bagi pelaku pendidikan dalam memilih jenis pembelajaran otonom dan sebagai refleksi bagi dosen dan peneliti dalam menjadikan pembelajaran EFL dan ESP mahasiswa lebih bermakna di kelas,” terang Friscilla yang menjadi peraih doktor pada usia muda itu.

Selain merih gelar Doktor pada usia muda juga memiliki segudang segudang prestasi seperti Peraih Beasiswa Unggulan 2015, The Winner of The ASIA Youth Awards 2015, Duta Bahasa Provinsi Jambi 2013, Delegasi Jambi untuk Indonesia Movement Conference (2013), Delegasi Jambi untuk Indonesia Students and Youth Forum| Bandung-Indonesia (2013), Delegasi Jambi Untuk Indonesia Fellowship Youth Camp (Februari 2013) dan Jambi Province Delegation on Youth educators Regional Training (2013). (Humas Unja)

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021