Rumah Sakit (RS) dr Bratanata Jambi telah menjalani akreditasi selama dua hari yang dilakukan oleh lembaga akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (Falki), untuk menjamin mutu dan keselamatan pasien.

"Akreditasi rumah sakit Tk III 02.06.01 dr Bratanata Denkesyah 02.04.02 Jambi Kesdam II/Swj telah dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia dari Jakarta dan tinggal menunggu hasilnya, semoga berhasil mendapatkan terbaik," kata Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta di Jambi, Rabu.

Proses akreditasi kali ini dilaksanakan oleh para surveyor yang datang ke Rumah Sakit dr Bratanata dan menilai secara langsung seluruh standard pelayanan di rumah sakit tersebut guna menjamin mutu dan keselamatan pasien.

Survei akreditasi rumah sakit ini dilaksanakan selama dua hari yang dilakukan oleh Ketua Tim surveiyor dr Taufan Lutfi Sp.PK dan Anggota tim Surveiyor Apt Sukma Marthania S.Farm.

Kepala Rumah Sakit dr Bratanata Mayor Ckm dr Fauzi Sp.B, MARS, juga mendampingi surveyor melakukan telusur ke seluruh instalasi di RS dr Bratanata secara mendalam terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dimana survei itu dilakukan dengan inspeksi, wawancara, telusur lapangan secara langsung terhadap pelayanan, pegawai, pasien, pengunjung dan keluarga pasien, juga kepada para anggota jaga, cleaning service dan semua pihak yang terlibat dalam pelayanan di RS tersebut.

Tim surveyor memastikan RS dr Bratanata memberikan pelayanan kesehatan dengan menjunjung tinggi mutu pelayanan dan berfokus pada keselamatan pasien sesuai standard mutu nasional, kegiatan akreditasi rumah sakit ini penting karena akan membantu rumah sakit untuk menerapkan tata kelola rumah sakit yang baik dan menjamin mutu dan keselamatan pasien di Rumkit dr Bratanata Jambi.

Sehingga dapat dipastikan bahwa pelayanan yang diberikan RS dr Bratanata telah sesuai dengan standard akreditasi rumah sakit dan diakui secara nasional dan hal itu selaras dengan visi Rumah Sakit dr Bratanata Jambi menjadi rumah sakit kebanggaan TNI sekaligus menjadi tempat pelayanan kesehatan unggulan bagi masyarakat Jambi dan sekitarnya, kata Hatta.

Adapun dari pelaksanaan survei akreditasi RS dr Bratanata Jambi, tim survei telah menyampaikan hasil penilaian sementara yakni RS dr Bratanata Jambi komitmen dalam peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien sangat baik, integritas dari seluruh civitas RS luar biasa, garis komando tegas dan jelas, semangat dan kepatuhan seluruh civitas RS berjalan sangat baik.

Kemudian Continuous Quality Improvement sudah berjalan sesuai alur proses, harmonisasi koordinasi antara pemilik kepala, dewas dan seluruh RS sudah berjalan baik sekali, kualitas kemampuan SDM sangat mendukung dan kerapihan, keramahan, kesopanan, keceriaan, persahabatan dan komunikasi terus dijaga dan dipertahankan.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022