Rumah Sakit Siloam Jambi berkolaborasi dengan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jambi serta Palang Merah Indonesia menyelenggarakan donor darah guna memenuhi kebutuhan darah di Jambi.

Direktur RS Siloam Jambi dr. Dini Paramita Defrin di Jambi, Kamis, mengatakan donor darah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan RS Siloam Jambi.

"Saat ini kami berkolaborasi dengan PPNI juga dalam rangkaian ulang tahun PPNI ke -49 tahun kami menyelenggarakan donor darah bertempat di RS Siloam Jambi," kata dia.

Pihaknya menargetkan 100 kantong darah dapat terkumpul dalam satu kali kegiatan donor darah. 

Kegiatan donor darah sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan, katanya.

Kolaborasi antara Siloam Jambi dan PPNI Provinsi Jambi ini menurutnya suatu pilihan tepat. Sebab akan lebih efektif jika kegiatan donor darah semakin di dukung dengan perhimpunan lainnya. 

Kegiatan donor darah ini tidak saja diikuti oleh pimpinan dan staf Siloam Jambi. Tapi juga diikuti oleh masyarakat luas.

Selain itu kata dia menjelang Ramadhan ini kegiatan donor darah perlu dilakukan. gara ketersediaan darah di PMI selama Ramadhan dan Idul Fitri tercukupi. 

Dari tahun sebelumnya, Siloam Jambi rutin menggelar donor darah seminggu sebelum Ramadhan. Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jambi, memastikan ketersediaan stok darah hingga lebaran.

"Target awal kami 100 kantong darah terkumpul saat kegiatan donor darah, Alhamdulillah sampai dengan kegiatan ini selesai terkumpul 102 kantong darah," katanya.

Selain itu Ketua DPK PPNI Siloam Jambi Mahfud menyambut baik kolaborasi donor darah yang digelar perhipunannya dan Siloam Jambi ini. Ia berharap kegiatan yang sosial lainnya dapat kembali dilaksanakan bersama.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023