Bupati Merangin Mashuri didampingi Wakilnya Nilwan Yahya, melepas pawai Takbiran memeriahkan malam Idul Fitri 1444 H, di jalur dua depan kantor lama bupati Merangin, Jumat malam (21/4).

Pawai keliling Kota Bangko itu berlangsung meriah dan diikuti iring-iringan kendaraan dari berbagai utusan, mulai dari utusan remaja masjid dari setiap masjid dalam Kota Bangko, sampai utusan dari setiap pesantren dalam Kabupaten Merangin.

‘’Alhamdulillah Pawai Takbiran mengumandangkan gema Takbir, Tahlil dan Tahmid ini berlangsung lancar, meriah dan semarak. Kabupaten Merangin selalu dalam kondisi aman dan tertib,’’ujar Bupati.

Wabup Merangin Nilwan Yahya menambahkan, pawai Takbiran tersebut merupakan wujud kegembiraan masyarakat dalam menyambut datangnya Lebaran Idul Fitri 1444 H, setelah selama sebulan melaksanakan ibadah puasa.

‘’Di iringi kumandang gema Takbir, Tahlil dan Tahmid, pawai ini diikuti seluruh Forkopimda, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta utusan berbagai elemen masyarakat,’’ujar Wabup.

Sebelumnya, Bupati bersama Wabup, Forkopimda dan para kepala OPD mengikuti jalannya acara Gebyar Malam Takbiran Hari Raya Idul Fitri. Acara itu diawali dengan pemukulan beduk oleh bupati diikuti Forkopimda.

Bupati mengatakan pada malam yang membahagiakan ini, seluruh umat Muslim bergembira mengumandangkan gema Takbir, Tahlil dan Tahmid, untuk mengagungkan kebesaran memuji dan memanjatkan rasa syukur kehadiran Illahi.

‘’Kaum Muslimin dengan penuh suka cita merayakan kemenangan, setelah sebulan melakukan ‘perang’ besar. Perang melawan hawa nafsu, Insya Allah berhasil kita menangkan dengan rasa sepenuhnya menyerahkan diri kepada Allah SWT,’’kata Bupati.

Momentum malam Takbiran ini lanjut bupati, sebagai medium untuk bersilaturahmi, baik antara sesama umat Muslimin maupun antar umat beragama lainnya di seluruh dunia, khususnya di Kabupaten Merangin.

Sehingga kegiatan tersebut dijadikan ajang pemahaman tentang ajaran Agama Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi yang merupakan implementasi ajaran Islam yang Rahmatulilalamin.
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023