Bupati Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Mashuri mengingat kepada 347 orang Calon Jemaah Haji (CJH) daerah setempat untuk menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini.

“Kesehatan adalah faktor utama bagi calon jemaah haji agar bisa melaksanakan ibadah mulai dari keberangkatan hingga pulang ke Tanah Air nantinya,"
kata dia di Bangko, Senin.

Sebanyak 347 orang CJH Merangin itu terdiri dari 168 orang laki-laki dan 179 orang perempuan yang akan diberangkatkan dalam dua kloter.

Untuk kloter 20 sebanyak 167 orang dan kloter 21 sebanyak 180 orang, dan juga CJH termuda berusia 18 tahun dan CJH tertua berusia 84 tahun. 

Ia mengatakan para calon jemaah harus bertekad menjadi haji dan hajah yang mabrur sehingga tak mengabaikan mengenai keharusan untuk menjaga kesehatan.

Menurutnya, agar pelaksanaan ibadah haji baik saat berada di Mekah maupun di Madinah memenuhi syarat dan rukunnya, maka tahapan manasik haji yang akan berlangsung, 29-30 Mei 2023 ini harus diikuti sebaik-baiknya.

Para CJH Merangin untuk selalu menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup sehingga saat berangkat haji nanti kondisi badan dalam keadaan sehat walafiat.

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merangin Burhani mengatakan manasik haji tersebut juga akan dilakukan di kecamatan-kecamatan dalam Kabupaten Merangin.

"Tujuannya agar para CJH menjadi lebih paham dan mengerti dengan tahapan ibadah haji, sehingga ibadah yang dilakukan akan berlangsung sempurna sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah SAW," kata Burhani.

 



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023