Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyebutkan ekspansi pelayanan air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang ke Kabupaten Muaro Jambi telah memberikan manfaat kepada 1.500 sambungan rumah di kawasan perbatasan Kota Jambi.

"Pengaliran perdana sudah tahun lalu dilaksanakan di beberapa daerah seperti Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam, Muaro Jambi. Wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Fasha menjelaskan dengan kerja sama ini, maka warga di daerah itu dapat mendaftar sebagai pelanggan PDAM Tirta Mayang, dan menikmati air bersih yang dialirkan melalui sistem perpipaan. 

Sementara itu, kerja sama dengan PDAM Tirta Muaro Jambi tersebut menjadi menjadi salah satu indikator menunjukkan kinerja yang responsif PDAM Tirta Mayang. 

Fasha menyebutkan bahwa PDAM Tirta Mayang Kota Jambi masuk dalam jajaran BUMD tersehat di Indonesia dan tahun ini akan masuk kualifikasi besar. Sebab, hanya ada 12 perusahaan di Indonesia yang punya pelanggan lebih dari 100 ribu pelanggan. 

Ia meminta agar jajaran PDAM harus berkinerja dan bekerja maksimal sesuai tuntutan masyarakat saat ini. Dinamika masyarakat dan ekspektasi masyarakat, menurut Fasha, sudah berubah. Perusahaan dituntut berkinerja responsif dalam melayani.

Fasha menyebutkan saat ini indeks kualitas air sehat kategori C4, sesuai uji baku mutu dan lulus hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan.

Saat ini warga Kota Jambi sudah dapat menikmati air bersih dari Tirta Mayang Kota Jambi yang mengalir 24 jam. 
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023