Badan Karantina Indonesia menyapa mahasiswa Universitas Jambi (Unja) dari berbagai program studi guna mensosialisasikan tugas dan fungsi lembaganya.

Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Andi Muhammad Adnan di Jambi, Kamis (14/12), mengatakan bahwa sosialisasi ini menjadi bagian pengenalan regulasi terbaru terkait perubahan nama Badan Karantina Pertanian di abawah Kementerian Pertanian dan Badan Karantina Ikan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan bergabung menjadi satu yaitu Badan Karantina Indonesia.

Adnan mengatakan kegiatan sosialisasi ini diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa Unja yang program studinya berkaitan dengan lingkup kerja Badan Karantina Indonesia.

Pada kesempatan itu, Adnan menekankan penguatan kerja sama antara Badan Karantina Indonesia dengan Unja. Kerja sama yang dibina mencakup beberapa hal seperti kerja sama pengembangan sumber daya manusia.

Adnan juga mengajak mahasiswa yang hadir untuk memanfaatkan kehadiran Badan Karantina Indonesia dalam pengembangan kompetensi salah satunya menjadi eksportir. Ia menegaskan bahwa pihaknya siap melakukan pendampingan kepada mahasiswa yang ingin memulai bisnis ekspor.

Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Jambi N. Prayatno Ginting menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas adanya kegiatan ini. 

Sosialisasi ini sudah diamanahkan melalui Undang – Undang Nomor 21 tahun 2019 bahwa sosialisasi tugas dan fungsi badan karantina ini wajib diketahui seluruh masyarakat.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023