Universitas Jambi (Unja) ikut meramaikan ‘’Pameran Bulan Merdeka Belajar dan Festival Kurikulum Merdeka 2024′ bersama Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Jambi yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi dan UPT Kemendikbudristek di Provinsi Jambi. 

Ketua BPMP Eko Prasetyo dalam sambutannya di Jambi, Jumat, menjelaskan mengenai tujuan dari diadakannya Pameran Bulan Merdeka Belajar dan Festival Kurikulum Provinsi Jambi 2024.

“Pameran Bulan Merdeka Belajar dan Festival Kurikulum Merdeka Provinsi Jambi 2024 ini menjadi sarana untuk mempublikasikan produk dan pencapaian program merdeka belajar pada masing-masing satuan pendidikan, dimana pesertanya adalah dinas Pendidikan kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi,” katanya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Husairi yang mewakili Pemprov Jambi memberikan apresiasi yang tinggi atas dampak positif program Merdeka Belajar di Provinsi Jambi.

“Program Merdeka Belajar telah memberikan dampak positif bagi akselerasi transportasi kuliatas pendidikan di Provinsi Jambi. Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada Kemendikbudristek RI umumnya, BPMP Provinsi Jambi, seterusnya Unja, dan bagi guru penggerak, bagi Pelestarian Kebudayaan wilayah lima, serta pihak terkait pelaksanaan pameran festival ini,” kata Husairi.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unja Yatno mengatakan bahwa dengan keaktifkan Unja mengikuti kegiatan Bulan Merdeka Belajar ini dapat memberitahu secara luas mengenai hasil produk yang dihasilkan oleh mahasiswa Unja.

“Unja telah ikut aktif dalam kegiatan Bulan Merdeka Belajar, dimana kita menampilkan berbagai produk termasuk dari mahasiswa dalam kegiatan merdeka belajar yang telah dilaksanakan. Sehingga masyarakat secara luas mengetahui ternyata program merdeka belajar itu menghasilkan berbagai produk-produk yang bermanfaat seperti yang telah dipamerkan di stand U ja ini,” kata dia.

Koordinator Pusat MBKM UnjaSri Winarni menjelaskan mengenai produk-produk yang dipamerkan pada Pameran Bulan Merdeka Belajar ini.

“Pada produk yang dipamerkan ini kami menonjolkan sesuai dengan tema pameran yaitu ‘Objek Pemajuan Kebudayaan’ jadi yang dipamerkan seperti Prasasti Incung Kerinci, musik-musik tradisional, lalu prosesi melayu di Provinsi Jambi," kata dia.

Pads pameran ini juga ditampilkan produk buatan mahasiswa Unja diantaranya peta cagar Candi Muara Jambi yang dapat diakses melalui gawai serta masyarakat dapat mengeksplore Candi Muaro Jambi. 

Selain itu juga peta objek Eka Wisata sehingga dapat melihat desa Eka Jaya secara utuh, dan produk inovasi mahasiswa lainnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024