Segenap civitas akademika Universitas Jambi mengenakan baju adat saat upacara bendera Merah Putih Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia, Sabtu.

Para peserta upacara mengenakan berbagai pakaian adat seperti pakaian Melayu, Jawa, Minang, Batak, Dayak, Bugis, serta pakaian nasional, yang menambah nuansa keberagaman kebudayaan dalam perayaan ini. 

Rektor Unja Prof Helmi di Jambi, Sabtu, bertindak sebagai pembina upacara, mengenakan pakaian adat Melayu Jambi, didampingi oleh para Wakil Rektor, Ketua Senat,  Guru Besar, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Dekan, Wakil Dekan, serta jajaran civitas akademika lainnya. 

Selain itu, turut hadir perwakilan mahasiswa internasional dan mahasiswa pemenang olimpiade, yang menunjukkan semangat kebersamaan dalam merayakan hari bersejarah ini.

Bendera Merah Putih dikibarkan secara khusus oleh mahasiswa tim Purna Paskibraka Indonesia Universitas Jambi. 

Dalam amanatnya, Rektor membacakan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang mengingatkan bahwa salah satu pelajaran paling bermakna dalam perjalanan bangsa dan negara Indonesia adalah tidak akan ada kemerdekaan tanpa perjuangan yang dilakukan dengan semangat gotong royong.

Rektor juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam membangun dan mencapai cita-cita visi dan misi Universitas Jambi, dengan motto inovatif dan unggul dalam kompetisi.

Kegiatan upacara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba di lingkungan Universitas Jambi dan pemberian penghargaan kepada dosen dan pegawai berprestasi. 

Dengan kegiatan ini, Universitas Jambi tidak hanya merayakan kemerdekaan, tetapi juga mendorong semangat kompetisi dan prestasi di kalangan civitas akademika.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024